Kominfo dan Siberkreasi Ajak Warganet Optimalkan Momen Emas Bulan Ramadan

Marketing.co.id – Berita Digital | Dalam upaya mengasah kemampuan literasi digital masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Siberkreasi membagikan kiat penting seputar penggunaan teknologi digital dalam menangkap berbagai peluang penting sepanjang bulan Ramadan. Kemenkominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menggelar sesi webinar terbaru, “Obral-Obrol LiTerasi Digital” (OOTD), yang diselenggarakan pada hari Kamis, 21 April 2022.

kemenkominfo
Pengguna Internet Meningkat, Kemenkominfo bersama Siberkreasi Gelar Webinar Spesial “Obral Obrol LiTerasi Digital” (OOTD) untuk Optimalkan Momen Emas Bulan Ramadan

Tema webinar ini mucul dilatari lonjakan aktivitas digital di masa pandemi dimana sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki akses untuk melakukan interaksi sosial, belajar mengajar, berbelanja, menggeluti bisnis dan pekerjaan secara daring. Pergeseran kebiasaan makin bersandar pada ranah digital ini berhasil membuka peluang baru dalam berbagai sisi kehidupan yang tambah terbuka lebar dengan datangnya momen bulan suci Ramadan.

Berdasarkan riset Ikatan Digital Indonesia (IDA) dan Emtek Digital, jumlah pembaca media online meningkat 18% selama Ramadan. Sementara itu, layanan over-the-top (OTT), platform digital populer untuk menonton, mengalami peningkatan durasi menonton sebesar 154%. Peningkatan tersebut diakibatkan oleh perubahan gaya hidup selama Ramadan.

Momen ini membuka kesempatan emas bagi individu yang ingin berkreasi dan membuat peruntungan di ranah digital. Untuk memanfaatkan peluang ini, individu perlu dibekali kemampuan literasi digital seperti keterampilan, etiket, keamanan, dan budaya digital. Peningkatan keterampilan digital inilah yang menjadi fokus webinar “OOTD” bertema “Menuai Berkah Digital di Masa Ramadan” yang diadakan Kemenkominfo bersama Siberkreasi sebagai bagian dari kampanye #MakinCakapDigital. Bincang santai bersama para pakar digital literasi ini akan membahas tren-tren digital yang muncul selama bulan suci Ramadan.

“Bulan Ramadan menjadi momen spesial karena memberikan banyak momentum ‘prime time’ yang dapat dimaksimalkan para kreator dari sisi edukasi maupun komersial. Tren yang bermunculan sepanjang bulan puasa hingga lebaran berperan penting sebagai pemicu beragam kreativitas yang dapat mendatangkan banyak manfaat ketika dilengkapi dengan kecakapan digital,” ujar Anifatul Jannah, Ketua Umum Arus Informasi Santri, yang menjadi salah satu pembicara webinar OOTD spesial Ramadan.

Peran literasi digital dalam membangun bangsa yang tanggap teknologi informasi dan komunikasi.

Kemampuan literasi digital menjadi kunci bagi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan potensi digital. “Webinar ini menjadi salah satu upaya kami untuk membekali masyarakat Indonesia dengan keterampilan digital yang relevan sehingga dapat berguna untuk meningkatkan produktivitas dan taraf hidup. Oleh karenanya, bincang OOTD Ramadan kali ini sangat spesial karena menggali banyak potensi yang bisa dieksplorasi lebih dalam.” ujar Rizki Ameliah, Koordinator Literasi Digital Kementerian Kominfo.

Menampilkan pembicara terkemuka seperti Ketua Umum Arus Informasi Santri, Anifatul Jannah; Annabel, Merchant Education Lead Tokopedia; dan M. Alvin Nur Choironi, Pegiat Literasi Digital dan Creative Director Islamidotco, OOTD kali ini membicarakan dan menganalisis topik-topik relevan mempengaruhi masyarakat Indonesia di dunia digital dalam bulan Ramadan seperti beradaptasi dengan tren digital yang bergerak cepat, perilaku di media sosial, peluang e-commerce dan aplikasi strategi digital, keamanan digital serta membangun komunitas di ruang digital.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.