Kompetisi Bisnis dan Kewirausahaan untuk Atasi Isu-Isu Sosial Global

Marketing.co.id – Berita Marketing | Street Smart Society, sebuah lembaga nonprofit yang didirikan oleh siswa-siswi SMA dari Jakarta, sukses menyelenggarakan live event Street Smart Society Business Case Competition (S3BCC), kompetisi bisnis dan kewirausahaan yang diadakan pada 7 November 2021.

Live event ini diikuti lebih dari 90 peserta lokal dan mancanegara yang berkompetisi secara daring melalui Zoom, di mana sejumlah siswa sekolah menengah dan mahasiswa mengutarakan ide mereka dalam menciptakan bisnis dengan tujuan sosial kepada panel juri yang berpengalaman dalam bidang kewirausahaan.

Mengusung tema ‘Working towards achieving the UN Sustainable Development Goals (UN SDGs), atau ‘Bekerja menuju pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB’, S3BCC berfokus kepada agenda yang ditetapkan oleh PBB untuk mengatasi isu global seperti kesenjangan sosial, perubahan iklim, dan lain sebagainya.

Baca juga: Potensi Kerugian Ekonomi Akibat Perubahan Iklim 3,45 Persen dari PDB

Para peserta kompetisi yang berusia 11 hingga 19 tahun ditugaskan untuk mengembangkan konsep usaha sosial yang berfokus pada setidaknya satu dari 17 UN SDGs. Lebih dari 25 tim dan 80 peserta, baik dari Indonesia maupun mancanegara, mempresentasikan ide bisnis mereka untuk mengatasi berbagai macam isu sosial, mulai dari pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi hingga kelestarian lingkungan.

“Kompetisi bisnis ini awalnya diadakan sebagai inisiatif penggalangan dana untuk mendukung program amal Street Smart Society, namun dalam perjalanannya kami melihat peluang untuk mendorong rekan-rekan seusia kami untuk meningkatkan kesejahteraan dalam masyarakat melalui usaha sosial, terutama dalam mengatasi dampak ekonomi akibat pendemi Covid-19,” kata Vanessa Jaya, siswa SMA dari National High Jakarta School yang juga menjabat sebagai Pendiri dan Ketua (Founder & President) Street Smart Society.

Street Smart Society Business Case Competition
(kiri ke kanan): Chloe Boenardy, Co-founder and Creative Design Director; Alisa Achdiat, PR Staff; Vanessa M. Jaya, Founder & President Street Smart Society; Edward Matthew, Content Director; Charleen Sabini, Co-founder and Finance Director

“Tujuan kami adalah untuk meningkatkan kesadaran mengenai kewirausahaan sosial, jadi kami senang bisa memperkenalkan konsep mengenai usaha sosial ke peserta baik dari Indonesia maupun negara di luar Indonesia,” tambah Reina Lee, siswa SMA dari Tunas Muda School yang merupakan Direktur Marketing & Komunikasi di Street Smart Society.

Baca juga: Cara Perusahaan Bantu Karyawan Lepas dari Masalah Finansial selama Pandemi Covid-19

Dalam live event tersebut, finalis dari Kategori Junior dan Umum yang dipilih berdasarkan rencana bisnis bertujuan sosial memberikan presentasi langsung kepada panel juri, yang terdiri dari CEO Indonesia Maju Finansial Merry Huseng, CEO Katalisator Bisnis Indonesia Susilo Tedjaputera, dan CIO Jagartha Advisors Erik Argasetya.

Pada akhirnya, dua kelompok dinyatakan sebagai juara. Antheia oleh Tim We Aspire Indonesia memenangkan Kategori Umum dengan usaha mereka menjual pembalut wanita yang dapat digunakan kembali dan biodegradable atau mudah terurai. Dalam Kategori Junior, TreeVenture oleh 3Trees muncul sebagai pemenang dengan ide aplikasi mereka yang bertujuan untuk mendorong pengguna untuk menanam pohon melalui permainan.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.