Komunikasi Efektif di Tempat Kerja

0
4670

Marketing.co.id- Komunikasi merupakan proses dua arah. Di mana sebuah komunikasi akan sukses bila penerima pesan memahami apa yang dimaksudkan oleh pengirim.

Demi kelancaran fungsi dan efisien dari sebuah organisasi, komunikasi yang efektif di tempat kerja sangatlah penting. Untuk itu, seorang manajer harus memiliki komunikasi yang baik dengan bawahannya.

Dalam sebuah organisasi harus ada komunikasi dua arah. Seorang manajer harus memiliki kontak pribadi bawahannya. Karena seorang manajer harus mengkomunikasikan tujuan dan kebijakan kepada bawahannya dan harus mendapatkan umpan balik dari itu.

Dalam proses komunikasi, umpan balik memainkan peranan yang sangat penting. hal ini akan memungkinkan kita untuk mengevaluasi efektivitas pesan. Memberikan kesempatan kepada bawahan untuk memberikan umpan balik sangat penting untuk menjaga iklim komunikasi terbuka. Seorang manajer harus menciptakan lingkungan yang mendorong umpan balik.

Sebagai contoh, setelah mengkomunikasikan tugas dan pekerjaan, seorang manajer harus bertanya, “Apakah kalian semua mengerti?”, “Apakah sudah jelas?”, “Apakah ada yang perlu ditanyakan?”, dan lainnya. Hal ini akan memastikan apakah pesan yang disampaikan sudah dipahami atau belum.

Sebuah komunikasi baik ke atas maupun ke bawah sama pentingnya. Seorang manajer akan terus mencari informasi tentang kepuasan kerja karyawan, perasaan karyawan kepada rekan-rekan mereka, dan tentang organisasi pada umumnya untuk dikomunikasikan ke atas.

Komunikasi ke bawah juga sama pentingnya, seorang manajer dapat memberikan intruksi kerja, menjelaskan peran dan kebijakan dan menjelaskan masalah-masalah yang perlu diselesaikan dengan segera.

Demikian pula kita memiliki komunikasi horizontal dalam sebuah organisasi yang juga sangat penting. Adalah penting ketika orang bekerja di tingkat yang sama harus memiliki komunikasi yang efektif di antara mereka sehingga ada koordinasi di antara mereka.

Komunikasi di tempat kerja harus jelas, ringkas dan spesifik. Harus ada penggunaaan bahasa yang efektif di tempat kerja. Bahasa tubuh mencerminkan posisi seseorang dalam sebuah organisasi. Untuk itu, seorang manajer harus memiliki dan menunjukkan bahasa tubuh yang efektif saat berkomunikasi dengan bawahannya.

4bn.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.