Komunitas Bukalapak Bantu Onboarding UMKM Digital

Marketing.co.id  –  Berita UMKM |Komunitas Bukalapak berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi DKI Jakarta menggelar Program Onboarding UMKM Digital dan Pameran Online Jakreatifest 2022.

Di program yang berlangsung selama lebih dari 30 hari ini, Bukalapak menggelar rangkaian program pemberdayaan UMKM, dimulai dengan sesi webinar bagi UMKM binaan KPwBI  Prov. DKI Jakarta dengan topik “Optimasi Jualan Online Dengan Strategi Multiplatform” yang dibawakan oleh Trainer sekaligus pelaku usaha dari Bukalapak. Setelah itu, Bukalapak memfasilitasi onboarding ke marketplace Bukalapak, dan ditutup dengan memberikan wadah bagi para pelaku UMKM ini untuk berjualan produk-produk lokal di Jakreatifest 2022.

Ian Agisti, Head of Merchant Community & Engagement Bukalapak menjelaskan, pemberdayaan UMKM merupakan bagian dari implementasi dari semangat gotong-royong yang dianut oleh Bukalapak.

Baca juga: 5 Tips Ampuh Tingkatkan Penjualan Melalui Livestreaming di Lazada 

“Kami percaya, bahwa lewat kolaborasi dengan pihak-pihak yang mengusung visi dan tujuan yang sama, kami bisa menciptakan dampak yang lebih luas bagi perkembangan industri kecil dan menengah di Indonesia. Karena itulah, kami mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh KPwBI  Prov. DKI Jakarta dalam program ini. Harapannya, kami bisa terus membantu para UMKM untuk meningkatkan kapabilitas bisnis melalui digitalisasi,” ujar Ian.

Ian menambahkan, pihaknya selalu terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, dengan memanfaatkan expertise dan jangkauan ke UMKM dari Bukalapak.

Komunitas Bukalapak merupakan wadah bagi para pelapak (online sellers) untuk bertemu dengan sesama pelaku usaha dan berbagi ilmu seputar bisnis online. Secara rutin, Komunitas Bukalapak mengadakan program pelatihan digital bagi para pelaku usaha, baik di dalam maupun luar ekosistem Bukalapak.

Bukalapak
Komunitas Bukalapak berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi DKI Jakarta dalam menggelar Program Onboarding UMKM Digital dan Pameran Online Jakreatifest 2022.

Pelatihan diadakan secara mandiri oleh Komunitas Bukalapak maupun melalui kolaborasi dengan berbagai perusahaan, institusi, dan organisasi. Sepanjang tahun 2021, Komunitas Bukalapak telah mengadakan lebih dari 150 kelas pelatihan online bagi para pelaku usaha dan telah berkolaborasi dengan 50 perusahaan.

Guna menciptakan dampak yang inklusif bagi pelaku UMKM, Komunitas Bukalapak juga memiliki program pemberdayaan khusus pelaku usaha perempuan. Marketplace Bukalapak kini melayani 6.8 juta pelapak dari seluruh Indonesia dan anggota Komunitas Bukalapak tersebar di 142 kota dan kecamatan.

Onny Widjanarko, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, menuturkan digitalisasi adalah salah satu kunci bagi UMKM untuk bertahan dan bangkit dari masa-masa penuh tantangan seperti pandemi COVID-19.

Baca juga: Wehelpyou Buy & Sell Ajak UMKM Bangkit Bersama dengan Go Digital

Onny meyakini, semakin banyak UMKM yang mampu memanfaatkan platform digital untuk mengoptimalkan bisnisnya, semakin cepat langkah kita untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi digital nusantara.

“Kolaborasi dengan perusahaan teknologi terkemuka seperti Bukalapak adalah salah satu dari sekian banyak strategi yang kami ambil untuk mencapai tujuan tersebut. Semoga sinergi yang sudah terbangun antara KPwBI  Prov. DKI Jakarta dan Bukalapak dapat terus membawa dampak positif bagi seluruh pelaku usaha di seluruh penjuru negeri”, pungkas Onny.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.