Konsumen Indonesia paling agresif beli barang-barang berteknologi baru

Seperti memasuki titik ujung terowongan, konsumen di negara-negara Asia Pasifik ternyata lebih bersikap optimis terhadap ekonomi dan masa depan. Hal ini terungkap dari studi yang dilakukan oleh AC Nielsen yang melakukan Asia Pacific Consumer Confidence Study Survey di 13 negara Asia. Survei yang melibatkan 7.230 konsumen ini menunjukkan bahwa konsumen merasa lebih percaya diri dalam menghadapi kondisi ekonomi dalam enam bulan ke depan dan juga tetap percaya akan ada perbaikan ekonomi yang semakin baik untuk 12 bulan ke depan.

Negara yang memiliki konsumen paling optimis adalah India, di mana 89% konsumen India percaya bahwa kondisi ekonomi di negara mereka akan membaik. Urutan kedua adalah Thailand dengan 84% dan Malaysia dengan 76%. Indonesia sendiri sebenarnya masih jauh di bawah ketiga negara tersebut karena level of confidence masih berada pada tingkat 40%. Namun demikian, tingkatan ini sebenarnya meningkat jauh dibandingkan survei terakhir di mana indeks tersebut hanya mencapai 16%.

Peningkatan kepercayaan konsumen ini berdampak positif pada keinginan untuk melakukan pembelian. Hampir 90% konsumen di Asia berkeinginan melakukan belanja. Persentase terbesar uang mereka dibelanjakan terutama untuk barang-barang berteknologi seperti komputer, telepon seluler, digital camera dan televisi. Keinginan untuk membeli barang-barang teknologi ini ternyata paling besar dimiliki oleh konsumen Indonesia, di mana 62% dari pembelanjaan orang Indonesia adalah untuk barang-barang berteknologi baru.

Titik perhatian terbesar konsumen Asia kini banyak meningkat pada masalah-masalah kesehatan ketimbang ekonomi. Perhatian terhadap kesehatan ini banyak meningkat dalam enam bulan terakhir di banyak negara Asia Pasifik. Untuk urusan yang satu ini, Indonesia ternyata hanya menempati urutan terbawah dengan indeks 52% (11 persen di bawah rata-rata). Konsumen Indonesia masih menganggap masalah ekonomi sebagai masalah terbesar yang dihadapi oleh sang konsumen.

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

3 COMMENTS

  1. Salam antusias,untuk penetrasi dari kawasan asia, Indonesia-gila dengan Product terbaru; itu benar adanya..
    sampai-sampai CEO asia,tepuk-tepuk tangan di dalam setiap meetingnyaung, karna.. product nya, berleha-leha menbanjiri pasar…
    kami terperangkap, hahaha
    sampai belai-belain, nabung; untuk beli tablet baru..
    thaks your share…

    • ada aja dah pemerintah buat nyari duit aambthannya..apaan aj bisa dijadiin alesan..ladang buat korup lagi dah nih buat mereka..ckckckck

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.