Konsumen Indonesia Rela Bayar Lebih Mahal, Pertanda Semakin Peduli Kualitas?

139640_belanja-sambil-olahraga-di-mall_663_382

Kerasnya persaingan bisnis dewasa ini mengharuskan bisnis untuk makin fokus memperhatikan kualitas dan keunikan jasa dan produk mereka. Keunggulan kualitas dan kemampuan sebuah merek memenuhi kebutuhan konsumen menjadi kunci kemenangan para pemimpin pasar di berbagai belahan dunia.

Hal ini diungkapkan oleh survei yang dilakukan oleh perusahaan analisis Verint, Agustus lalu. Survei yang melibatkan lebih dari lima ribu konsumen di enam negara di Asia Pasifik  – termasuk Indonesia – ini menemukan bahwa 45% responden mengaku rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan kualitas layanan yang lebih baik. Bahkan 54% responden Indonesia tak segan untuk berbagi pengalaman positif mereka melalui media-media sosial.

“Ini merupakan peluang besar untuk membuat merek kita dibicarakan di dunia digital, sekaligus menciptakan nilai unggul yang akan membedakan kita dari merek-merek lainnya,” ungkap Managing Director Fortune PR Indira Abidin.

Konsumen saat ini semakin cerdas. Hal itu menuntut perusahaan untuk lebih serius dalam menggarap mereka agar mampu memenangkan hati pelanggan. Menurut Indira, banyak perusahaan yang belum menyadari bahwa merek merupakan ujung tombak bisnis dan punya arti sangat penting bagi kemajuan usahanya.

“Indonesia masih menganggap bahwa merek adalah melulu soal desain logo dan kampanye iklan. Padahal, aspeknya jauh lebih banyak dari itu karena meliputi keseluruhan bisnis, seperti brand positioning, brand visioning, brand culture transformation, employee communication, termasuk juga customer experience,” jelas Indira.

Nick Pegman, Managing Director Affinity mengatakan, “Indonesia tumbuh sangat pesat dan banyak sekali perusahaan yang kian berkembang baik di lingkup lokal maupun internasional sehingga penting untuk memproyeksikan tujuan dari merek mereka kepada publik.”

Menurut Nick, branding sudah semakin berubah. Saat ini, pengembangan merek harus pula memperhatikan semua aspek internal seperti sumber daya manusia, marketing, keuangan, dan sebagainya untuk memformulasikan strategi yang menyeluruh.

Guna mengembangkan merek dan memajukan bisnis klien, Fortune PR kini resmi bekerja sama dengan Affinity – konsultan merek independen berbasis di Singapura.

“Kami memiliki filosofi dan semangat yang sama dengan mereka mengenai apa yang dibutuhkan bagi kesuksesan merek di Indonesia. Kami ingin mendampingi klien, membantu mereka untuk menguak potensi terbaik dari merek yang mereka miliki,” tukasnya.

Editor: Wahid FZ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.