Konten Lifestyle Sangat Prospektif

 

Marketing.co.id – Ponsel atau smartphone menjadi media yang paling ampuh saat ini untuk menyebarluaskan informasi atau pesan. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh Telkomsel dan Huawei untuk meluncurkan Multi Media Services/MMS Indolife, sebuah platform digital yang menawarkan berbagai info lifestyle kepada pelanggan Telkomsel.

MMS Indolife merupakan varian barus dari mobile newspaper yang menawarkan beragam informasi lifestyle seperti hobi, hiburan, kesehatan, dan info produk setiap harinya. Seluruh pelanggan Telkomsel bisa menikmati layanan ini secara gratis dengan menghubungi  *246#.

Menurut Nyoto Priyono, Vice President Mobile Advertising Management Telkomsel, selain dapat dimanfaatkan industri media sebagai saluran distribusi berita alternatif, platform ini juga dapat dimanfaatkan oleh para pemilik merek untuk beriklan.

Nyoto tidak menyebutkan secara pasti biaya yang dikenakan untuk pengiklan.  “Sekarang belum terlalu concern di situ (harga-red). Dalam satu bulan ke depan mungkin kita tidak akan melihat harga, yang penting advertiser bisa melihat value nya. Baru setelah itu baru kita akan ditetapkan berapa biaya atau harga yang cocok,” ujar Nyoto.

Nyoto yang diwawancarai marketing.co.id usai peluncuran Indolife, di Jakarta (6/12) menjelaskan, beberapa  merek menyatakan ketertarikannya akan layanan ini , seperti merek elektronik dan fesyen.

Nilai bisnis mobile advertising di Indonesia diakui Nyoto masih rendah. Telkomsel sendiri baru memperoleh pendapatan sekitar Rp 200 miliar dari bisnis ini. “Tapi pertumbuhannnya  besar, 300 – 400 persen. Kalau tidak halangan tahun depan kita bisa mencapai 300 miliar,” tuturnya.

Ia mengisyaratkan tahun depan perkembangan mobile internet akan makin dahsyat dengan fenomena Facebook, Twitter, Blackberry, Goggle Talk, What’s Up.

“Banyak ide – ide bisnis muncul dari situ. Dan mobile advertising tahun 2012 akan mengarah pada free zone, siap pun yang joint di situ akan mendapatkan banyak hal, SMS gratis, Voice gratis, akses data gratis. Tapi syaratnya dalam komunitas free Zone ada pesan sponsor. Misalnya MMS ini didukung oleh Coca Cola,” jelasnya.

Saat ini pelanggan Indolife baru mencapai 1,5 juta. Angka ini masih kecil dibandingkan pelanggan Telkomsel yang mencapai 108 juta. “Saya rasa sebentar lagi akan tercapai 5 juta pelanggan, “ katanya seraya menyebut target 5 juta pelanggan akan tercapai akhir tahun 2012. (Tony Burhanudin)

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.