Lakukan Ini Agar Kulit Tetap Terdehidrasi Selama Puasa

0
230

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Saat berpuasa, tubuh kekurangan cairan sehingga berpengaruh pada kelembaban kulit kita. Untuk menjaga agar tidak terdehidrasi ketika berpuasa, dr. Rahma Evasari, Sp.DV, selaku Dermatologist dari ZAP Clinic memberikan kiat-kiat yang bermanfaat untuk dilakukan.

Kulit pada dasarnya mampu menjalankan fungsi-fungsi penting seperti regenerasi sel. Dehidrasi menyebabkan kerusakan permanen seperti garis halus, kerak-kerak dan kerutan. Selain itu kulit juga mengalami sensitivitas yang lebih tinggi saat terjadi tanda kering karena terdehidrasi. Bila demikian maka kulit akan mengalami pengelupasan dan terlihat kusam.

Agar kesegaran kulit tetap terjaga saat puasa, penuhi konsumsi cairan saat sahur dan berbuka. Selain air, dapat juga mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan cairan yang dapat membantu memenuhi asupan cairan pada kulit.

Jika melakukan aktifitas di luar saat puasa, pastikan skin care routine selalu dijalankan seperti membersihkan wajah sehari dua kali dengan pembersih lembut serta menggunakan pelembab sesuai kondisi kulit dan tabir surya minimal SPF 30, PA+++ dengan jumlah yang sesuai dan dapat diaplikasikan ulang setiap 3-4 jam sekali.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah perawatan muka. Gunakan pelembab bibir lebih sering, terutama bila beraktivitas di ruang berAC atau di luar ruangan. Untuk memberikan kesempatan bagi muka “bernapas”, minimalkan penggunaan make up agar dehidrasi wajah tidak terlalu parah. Olahraga juga merupakan salah satu hal yang sebisa mungkin tidak ditinggalkan. Sebaiknya olahraga dilakukan 2 jam sebelum berbuka puasa agar saat selesai, tubuh kita langsung bisa diisi cairan.

“Kelembaban kulit akan tetap terjaga walau sedang berpuasa selama kita tetap menjaga asupan cairan yang masuk dalam tubuh dengan rutin dengan mengkonsumsi air putih dan sayuran yang kaya cairan. Rutin merawat muka dengan pelembab dan tabir surya akan menjadikan muka kita lebih terasa segar dan siap menjalani aktivitas,” ujar Rahma.

ZAP telah dikenal sebagai klinik kecantikan khusus wanita terbesar di Indonesia yang mengutamakan perawatan kulit berbasis teknologi laser dan memiliki 5 brand utama yaitu ZAP Clinic, ZAP Premier, Menology by ZAP, ZAP Health dan Juva. Tersebar di 17 kota besar di Indonesia, pada tahun 2022 ini ZAP akan membuka klinik baru yang lebih besar dan modern di kawasan Pondok Indah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.