Lazada Catat Kenaikan Pertumbuhan Enam kali Lipat untuk Kategori FMCG

lazada 2022
Lazada media interview 2022

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Lazada memasuki tahun kesepuluh kehadirannya di Indonesia. Kategori fast moving consumer goods (FMCG) menjadi salah satu kategori yang berkembang secara signifikan.
Berbagai  inisiatif yang dilakukan Lazada untuk kategori FMCG dalam  4 tahun terakhir, berhasil mencatatkan pertumbuhan hingga 6 kali lipat dari sisi penjualan. Selain itu, kategori FMCG di Lazada juga mengalami peningkatan 8 kali lipat konsumen yang berbelanja 8 kali lipat dan peningkatan 10 kali lipat selling seller di kategori FMCG, sejalan dengan upaya Lazada dalam mendukung UMKM dan ikut serta menggerakan ekonomi digital Indonesia.
Lia Kurtz, VP FMCG Lazada Indonesia mengatakan “Kami paham kebutuhan konsumen untuk mendapatkan produk-produk kebutuhan harian yang berkualitas dengan harga terbaik dengan mudah. Secara konsisten Lazada terus melakukan berbagai inisiatif dan berevolusi, salah satunya dengan menyajikan kanal terkurasi untuk produk-produk kebutuhan harian. Selain itu, kami juga memanfaatkan kecerdasan buatan dan sistem algoritma yang sistematis untuk membaca perilaku konsumen, sehingga apa yang kami hadirkan untuk konsumen selalu relevan dengan kebutuhan masing-masing,” pungkas Lia.
Rangkaian produk dalam kategori FMCG di Lazada sangat luas dan difokuskan untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang berbeda-beda di antaranya: keperluan dapur, kebutuhan ibu dan anak, kebutuhan perawatan diri, kecantikan dan kesehatan, permainan, perlengkapan rumah tangga dan hewan peliharaan, hingga musik serta buku. Beberapa inisiatif Lazada yang diwujudkan berangkat dari pemahaman Lazada tentang kebutuhan konsumen di Indonesia:

  • Kanal khusus kecantikan: Beauty World. Sebagai salah satu eCommerce terpercaya untuk pemenuhan kebutuhan kategori kecantikan, kanal Beauty World Lazada menyediakan produk terkurasi dari brand lokal maupun internasional. Dalam kanal ini, produk juga dikelompokan berdasarkan kategori, serta harga seperti ‘Makeup dibawah Rp 99.000,-’ atau ‘Skincare di bawah Rp 200.000’, sehingga memudahkan konsumen loyal dalam mencari produk tertentu kesayangan mereka, maupun untuk mereka yang baru pertama kali menggunakan make up.
  • LazMall dan LazMall Prestige – Berdasarkan data dari Kantar, konsumen kelas atas dan menengah mendominasi pasar FMCG di ranah online, terutama salah satunya adalah untuk segmen personal care. Sejalan dengan insight tersebut Lazada juga menghadirkan LazMall dan LazMall Prestige, kanal khusus untuk produk terkurasi dari berbagai brand dengan jaminan 100% keaslian produk dari berbagai kategori. Khusus untuk FMCG, kanal LazMall Prestige, memungkinkan konsumen untuk mendapatkan brand premium favorit mereka dengan lebih mudah serta nyaman.
  • Toko Kategori (Category Store) Dikelola langsung oleh Lazada, category store adalah salah satu inisiatif Lazada untuk menghadirkan one stop shopping solution bagi konsumen, sehingga lebih praktis saat berbelanja kategori-kategori yang merupakan kebutuhan sehari-hari. Saat ini Lazada memiliki dua category store yaitu Lazada Daily Store, yang menyediakan perlengkapan rumah tangga sehari-hari, dan Lazada Baby and Kids Flagship Store untuk memenuhi seluruh kebutuhan Ibu dan anak dari usia 0-12 tahun. Dalam mengoperasikan kedua store ini Lazada bekerjasama dengan puluhan brand favorit dari masing-masing kategori tersebut dalam menyediakan produk-produk yang sering dicari oleh konsumen. Dengan berbelanja di category store ini, konsumen dapat memperoleh berbagai kebutuhan dari brand favorit dengan biaya ongkos kirim yang ringan.

Berbagai inisiatif ini dihadirkan untuk memudahkan pelanggan setia Lazada, serta memaksimalkan kenyamanan pengguna dalam melakukan pembelian rutin akan kebutuhan produk sehari-hari. “Di tahun kesepuluh Lazada bersama dengan masyarakat Indonesia, kami berharap kita semua bisa menjadi pahlawan ekonomi digital yang bertumbuh dan bersama-sama mempercepat pemulihan perekonomian nasional serta membangun Indonesia. Melalui serangkaian inovasi dan inisiatif yang kami hadirkan, kami berharap Lazada bisa terus menjadi teman setia bagi konsumen di Indonesia dengan memberikan kemudahan pemenuhan kebutuhan sehari-hari lewat kanal-kanal terkurasi yang bermanfaat dan relevan untuk keseharian masyarakat Indonesia” tutup Lia.
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.