Libur Nataru, XL Axiata Catat Kenaikan Trafik Data Sebesar 38%

0
424
Teknisi sedang bekerja dengan perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata di Kawasan Pantai Pandawa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, bulan lalu. Sepanjang libur Natal dan pergantian tahun pekan lalu, terjadi kenaikan trafik data sebesar 38% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | Sepanjang libur akhir tahun 2021 termasuk perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melaporkan terjadi kenaikan trafik data hingga 38% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan tertinggi terjadi pada Hari Natal sebesar 7% dan trafik Tahun Baru 15% dibandingkan hari normal. Layanan streaming masih mendominasi kenaikan trafik layanan, namun trafik layanan percakapan dan sms mengalami penurunan sebesar 3% dibandingkan hari biasa.
Meski tak ada pembatasan perjalanan, trafik data di area pemukiman tetap naik sekitar 2% dibandingkan hari normal. Beberapa kawasan pemukiman/perumahan yang mengalami kenaikan tersebut, terutama adalah perumahan di kota Jakarta, Tegal, Depok, Solo, Kediri, Bekasi, Batam, Jambi, Palembang dan sebagainya.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa sedang mencermati grafik trafik XL Axiata selama sepanjang masa libur Natal dan pergantian tahun di pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CE & SOC), pekan lalu. Sepanjang libur Natal dan pergantian tahun, terjadi kenaikan trafik data sebesar 38% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Foto: Istimewa.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, melalui rilis yang diterima mengatakan, ”Sejak awal kami memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan trafik data saat liburan panjang akhir tahun, meski pun belum seperti saat sebelum pandemi. Karena itu, untuk menjaga kualitas layanan, antara lain kami melakukan peningkatan kapasitas hingga 2x, pengerahan Mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.
Dari keseluruhan trafik layanan selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari aktifitas web browsing sebesar 42%, akses media sosial sebesar 29%, streaming video sebesar 21%, games 4% dan lain-lain 4%. Dari sisi kenaikan trafik, aktiftas games meningkat trafiknya hingga 183%, kemudian akses file sebesar 24%, streaming 11% serta web browsing 8%.
Untuk trafik akses media sosial, Instagram meningkat 33%, disusul WhatsApp 30%,Twitter 19% serta Facebook 18%. Telegram serta Line juga mengalami peningkatan sebesar 22% dan 10%. Penggunaan streaming musik seperti layanan Joox music dan Itunes juga meningkat 24% dan 11%. Untuk games, trafik mobile legend meningkat 210%, kemudian Roblox 90% serta Hago 11%.
Trafik akses ke layanan belanja online (termasuk Lazada, Shopee,Tokopedia) mengalami peningkatan sebesar 62%, sementara trafik ke layanan travelling (termasuk Traveloka, Agoda, Tiket.com) meningkat sekitar 95%. trafik ke layanan peta jalan (Google Map dan Apple Map) juga meningkat sebesar 13%, sementara trafik untuk akses ke layanan pembayaran digital (Dana, Ovo) mengalami penurunan hampir 1%.
Dengan pelanggan berjumlah 57,98 juta dan diperkuat oleh lebih dari 153 ribu BTS termasuk lebih dari 69 ribu BTS 4G, XL Axiata terus berinvestasi untuk meningkatkan dan menambah jaringan agar lebih stabil dan kualitas layanan selalu terjaga untuk para pelanggan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.