‘Like’ di Facebook Memiliki Kekuatan Persuasif

0
999

Dunia internet memiliki reputasi dalam memancing khalayak secara anonim untuk mengunjungi sebuah laman. Dampak positifnya, hal itu akan menonaktfikan gelombang kebencian (waves of hatred). Jurnal Science juga menjelaskan bahwa web selalu meningkatkan brand image positif di mata pengunjung. Begitu juga dengan Facebook, terutama fitur ‘like’ yang selama ini sudah banyak ketahui.

Ya, ketika banyak like, secara tidak sadar link yang Anda berikan lewat Facebook memiliki kekuatan persuasif. Itu adalah salah satu manfaat Facebook dalam menarik jumlah audiens. Padahal pada kenyataanya, belum tentu mereka yang mengklik tombol like membaca artikel atau mengunjungi link web yang Anda sebarkan.

fb-likes

Tidak hanya Journal Science, para peneliti dari The New York Times juga mencoba melakukan penelitian dengan bekerja sama dengan web seperti Reddit. Situs tersebut memungkinkan pengunjung untuk memilih serta memberikan voting dan komentar pada artikel pilihan mereka.

Hasil yang didapatkan:

Pertama, jika Anda menyebarkan link dan memberikan beberapa komentar positif pada artikel tersebut (meski itu adalah komentar palsu buatan Anda sendiri dengan akun berbeda), maka kemungkinan dari orang pertama yang membaca komentar–komentar Anda akan memberikan penilaian positif juga, setidaknya peluangnya 32% bahkan lebih, sedangkan sisanya tetap netral, tergantung dari isi konten yang diberitakan.

Kedua, bukan tidak mungkin akan ada yang memberikan penilaian negatif. Tapi jika awalnya sudah didominasi dengan komentar–komentar positif (walau setting-an), kemungkinan besar pada akhirnya komentar positif terus akan mendominasi, kurang lebih dengan skor 25% lebih tinggi.

Ketiga, Komentar yang diberikan dengan akun palsu dengan jumlah yang lebih sedikit dari keseluruhan komen tidak akan terkubur di dalam grup obrolan.

Hasil penelitian tersebut berbanding lurus dengan teori “keuntungan kumulatif”. Seorang ilmuan di Microsoft Research menjelaskan bahwa gagasan yang agak populer, secara cepat akan lebih populer.

Jadi bila dikaitkan dengan Facebook, banyaknya like pada tautan link yang Anda sebarkan, akan memengaruhi tingkat link tersebut dikunjungi.

 

Sumber: PRDaily.Com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.