Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Lima Tempat Jualan Online

Seorang pedagang tentu membutuhkan tempat untuk menjajakan dan mengenalkan produk-produk yang ia jual. Bagi pedagang offline, kios, ruko, atau pusat perbelanjaan menjadi pilihan yang paling banyak diambil untuk berjualan. Lalu, bagaimana dengan netpreneur atau pengusaha online? Di mana tempat yang tepat untuk menjajakan barang dagangannya?

Ada beberapa tempat yang bisa dijadikan kios oleh netpreneur. Masing-masing dari tempat ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Marketplace

E-Commerce di Indonesia memang belum se-powerful Jepang. Namun, e-commerce atau tempat jual beli online ini mulai mengalami perkembangan. Contoh dari marketplace yang ada di Indonesia adalah BukaLapak.com dan Tokopedia.com.

Di marketplace netpreneur bisa menjajakan produk yang dijual dengan mengunggah foto produk dan deskripsi produk yang dijual. Marketplace tersebut telah menyediakan sistem yang tertata sehingga netpreneur hanya perlu menunggu notifikasi jika ada buyer yang melakukan pembelian.

Selain itu, marketplace bisa dikategorikan sebagai tempat jual beli yang paling tepat untuk menjajakan produk yang dijual. Alasannya, beberapa marketplace bisa menjamin keamanan dalam bertransaksi secara online. Misalnya, BukaLapak.com yang memiliki payment system yang bisa menjamin penggunanya aman dalam bertransaksi. Hal ini cukup penting untuk menumbuhkan rasa kepercayaan dari seller.

Website

Seorang seller atau penjual online bisa membuat situs yang ditujukan khusus untuk berbisnis online. Situs tersebut memiliki alamat atau nama domain yang sesuai dengan nama toko online-nya.

Untuk membuat situs dengan nama yang sesuai seperti itu, seller harus membayar biaya hosting. Beberapa penyedia web menawarkan paket-paket situs dengan harga yang berbeda. Ada yang termasuk template atau desain dari situs tersebut, atau ada pula yang terpisah. Ini tergantung paket apa yang dipilih oleh seorang seller.

Webblog

Netpreneur yang memiliki budget yang terbatas bisa mengandalkan webblog gratis seperti blogspot atau wordpress. Dengan format blog, netpreneur bisa mengatur desain atau foto-foto produk yang ia jual.

Forum

Salah satu tempat berjualan secara online yang paling banyak digunakan adalah forum yang digunakan sebagai tempat jual beli. Biasanya, forum ini disediakan oleh situs-situs yang berbasis komunitas atau masyarakat. Dari forum, seseorang bisa menemukan apa yang ia cari dan apa yang sebaiknya ia jual.  Untuk mengakses dan membuat posting di sebuah forum, netpreneur diharuskan untuk sign up terlebih dahulu untuk menjadi member dari situs tersebut.

Media Sosial

Salah satu sarana yang cukup efektif untuk berbisnis online adalah media-media yang menyentuh masyarakat secara personal, yaitu media sosial. Twitter dan Facebook masih menjadi media sosial yang paling diminati untuk berpromosi oleh masyarakat Indonesia. Tak menutup kemungkinan, media sosial dan berbagai aplikasi lain seperti Instagram, Tumblr, Pinterest, YouTube, atau LinkedIn menjadi tempat jual beli online yang bisa diandalkan. ***(psr)

Supported By: 

1 Comment

1 Comment

  1. Situs Jual Beli

    May 30, 2013 at 12:06

    http://www.pedege.com adalah situs jual beli online Indonesia. Tempat bertemu para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli online seperti jual beli mobil, motor, komputer, handphone, gadget, properti, tanah, aneka perangkat elektronik, peralatan rumah tangga dan berbagai macam barang dan jasa lainnya. Transaksi jual beli di PeDeGe.com tidak dikenakan biaya apapun, semua disediakan secara GRATIS.

  2. Larisia

    October 29, 2015 at 16:10

    Kalau saya paling suka jualan di web sendiri dan BBM. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top