Lindungi Data Rahasia Bisnis Anda!

0
835
Photo: 123rf.com
Photo: 123rf.com

Marketing.co.id Cybercrime atau kejahatan dunia maya semakin merajalela. Ancamannya pun terus meningkat dari hari ke hari.

Bagi dunia bisnis, ini merupakan masalah yang serius. Bagaimana cara Anda melindungi data rahasia perusahaan?

Melindungi data rahasia bisnis merupakan salah satu pekerjaan mendesak yang harus Anda lakukan saat ini. Apalagi jika bisnis Anda sedang tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan besar, data yang Anda miliki tersimpan dalam komputer yang terhubung ke internet. Agar data Anda terlindungi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah berinvestasi dalam beberapa antivirus canggih dan software Firewall.

Hal tersebut akan menghambat ancaman yang datang. Selain itu, sebaiknya Anda juga menerapkan penyaring spam (spam filter) untuk setiap e-mail yang Anda terima – jangan mengklik pesan atau lampiran yang tidak Anda kenal.

Setelah itu, pastikan setiap bagian kemungkinan dari data rahasia – termasuk daftar gaji, database pelanggan, informasi kontrak, dan sebagainya – dilindungi kata sandi. Pastikan Anda memberikan kata sandi tersebut kepada orang yang Anda percaya saja.

Anda mungkin juga akan menggunakan smartphone ketika membaca data dan mengakses file di mana saja. Pastikan ini juga dilindungi dengan kata sandi dan kode sandi. Jangan lupa membekali seluruh staf Anda keamanan yang canggih juga.

Ingatlah! Beberapa hacker dapat memperoleh akses ke ponsel melalui jaringan Wi-Fi, sehingga memiliki perlindungan kata sandi adalah vital.

Jangan pernah menganggap remeh pentingnya melindungi data rahasia bisnis Anda dari bagaimana para pencuri menerobos keamanan yang ketat.

Coba bayangkan, bagaimana rasanya jika strategi bisnis Anda jatuh ke tangan pesaing? (www.startupsmart.com.au)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.