Liverpool FC Makin Serius dengan Media Sosial

Marketing.co.id – Liverpool FC sedang mencari sponsor untuk meluncurkan kampanye media sosial di Eropa, Asia, dan Amerika Selatan. Langkah tersebut merupakan bagian dari strategi lebih luas untuk menempatkan konten lokal demi merekrut penggemar.

Klub sepak bola ini berencana untuk meningkatkan jumlah kampanye co-branded yang  diluncurkan dari profil Twitter klub, untuk menawarkan tambahan konten lokal ke basis penggemarnya.

Untuk mendukung strategi ini, klub tersebut telah meluncurkan tujuh profil dalam berbagai bahasa, termasuk Spanyol dan Bengali sejak November lalu yang berjalan bersama akun global.

Diharapkan penggunaan media sosial ini akan menghasilkan nilai tambah bagi sponsor ketika klubnya terlihat sedang meningkatkan pendapatan setelah tiga musim beruntun tanpa mengikuti Liga Champions.

Paul Rogers, kepala pengembangan digital internasional di Liverpool mengatakan, strategi tersebut dibuat setelah klub menyadari beberapa konten tidak relevan dan tidak dapat dimengerti oleh fans yang tidak berbicara bahasa Inggris di pasar negara berkembang.

Dia menambahkan,”Kami memiliki penggemar di seluruh dunia, tetapi mereka mendapatkan update klub yang tidak relevan dengan pasar mereka. Kita sedang berinvestasi dalam platform digital untuk memberikan fans konten disesuaikan.”

Strategi ini dipimpin tim komersial klub dan merupakan tahap pertama – dalam rencana tiga tahap – untuk memanfaatkan media baru guna menjual merek kepada fans.

Pihaknya berencana meniru strategi di Facebook sebelum meluncurkan situs resmi dalam bahasa yang berbeda akhir tahun ini, dengan Indonesia dan Thailand di antara yang pertama.

Rogers mengatakan,”Rencananya bukan hanya melakukan penerjemahan biasa dari sebuah situs web bahasa Inggris. Kami akan mengadopsi pendekatan yang lebih lokal.”

“Kita sedang mempekerjakan orang-orang di Jakarta, Indonesia, dan Bangkok, Thailand untuk memastikan kami telah mendapat konten yang disesuaikan bagi para fans kami,” lanjut Rogers.

Klub yang menduduki peringkat sembilan di Liga Football Money Deloitte untuk musim 2011/2012 ini berharap langkah tersebut akan memungkinkannya bersaing lebih efektif dengan pesaingnya seperti Manchester United dan Arsenal untuk merekrut penggemar di seluruh dunia.

Sumber: Marketingweek | Photo: Fanpop

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.