Trik Agar Pelanggan Semakin Dekat

Marketing.co.id- Banyak merek yang menggunakan skema loyalty atau hadiah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

Tetapi bagaimana mereka memanfaatkan cara ini untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan mereka?

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar pelanggan semakin dekat dengan Anda:

Konsisten dalam berkomunikasi dengan mereka

Jika pelanggan Anda berhak untuk menjadi bagian dari skema penghargaan Anda, maka ingatkan mereka bahwa mereka memiliki keuntungan dan mengkaitkan dengan kebutuhan mereka saat ini.

Bekerjalah dengan keras untuk meraih pemahaman dari pelanggan Anda sehingga mereka lebih jelas dan mengerti bahwa mereka sedang diberikan hadiah.

Salah satu waktu yang tepat untuk memulai skema ini adalah pada saat pelanggan melakukan pembelian, karena akan menjadi faktor pendorong dalam proses pengambilan keputusan pembelian mereka.

Relevan

Pastikan hadiah yang Anda tawarkan relevan dengan kebutuhan pelanggan Anda. Dalam suasana sekarang, dimana konsumen terus memperketat ikat pinggang (berhemat), merek yang yang sukses dalam melahirkan loyalitas mereka menawarkan diskon yang relevan dalam bentuk produk, merek dan waktu.

Keep in simple

Jangan memperumit program reward karena mengandung resiko. Pelanggan akan enggan untuk terlibat jika prosesnya rumit. Tetaplah konsisten dalam menyajikan penawaran yang memberikan tingkat fleksibilitas besar yang tidak hanya terbatas pada angka dan periode. Ini akan membantu melibatkan pelanggan dengan merek serta membangun hubungan jangka panjang.

Tetap segar

Jaga program reward yang terus berkembang dan menarik untuk memastikan pelanggan tidak menjadi bosan dengan hal lama yang sama. Mengisi dan merangsang skema tersebut dengan imbalan dan kesempatan baru bagi konsumen Anda sehingga Anda dianggap memiliki minat yang sama dengan mereka. Tentunya ini akan meningkatkan pembelian ulang dan membangun loyalitas.

Hal ini juga memberikan Anda kesempatan lebih banyak untuk berkomunikasi dengan mereka dan mempermudah Anda dalam mengumpulkan data yang dapat membantu anda  dalam mengembangkan komunikasi lebih lanjut ke depan dan akhirnya dapat membantu memperbaiki bottom line.

Tampil beda

Berikan reward pelanggan Anda dengan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Hal ini dimaksudkan agar anda terlihat lebih menonjol. Memberikan nilai tambah lebih baik dibandingkan dengan memberikan harga murah atau diskon yang tersedia secara bebas di Koran dan situs publik lainnya.

Dengarkan pelanggan Anda

Pelanggan akan merasa lebih terlibat dengan merek jika merasa pendapat mereka didengarkan dan ditindaklanjuti. Anda mungkin berpikir bahwa Anda mengetahui apa yang diinginkan dan dikehendaki pelanggan Anda dari sebuah program reward. Namun, sebaiknya Anda tetap melakukan kemunikasi dua arah dengan audiens Anda.

Pastikan program Anda menarik dan pertahankan

Hadiah dan bonus merupakan cara yang tepat untuk mendorong pelanggan untuk berbisnis dengan Anda dan terbukti menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Namun, setelah hadiah awal selesai ditawarkan,  elemen sekunder akan dibutuhkan untuk menambah elemen retensi atau hubungan.

Sebuah program  yang dapat melakukan dua pekerjaan sekaligus dalam satu waktu dapat menghemat banyak waktu dan uang, dan memberikan hasil yang fantastis.

Pelanggan akan terlibat dengan penuh loyalitas dalam skema penghargaan ini jika disajikan dengan cara yang relevan dan menawarkan nilai nyata bagi mereka, dan skema yang tepat dapat menjadi instrumen dalam mengubah pembelian pertama pelanggan menjadi hubungan jangka panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.