Magister Psikologi UAD & Generos Mengelar FGD Terkait Suplemen Anak

0
78

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) dengan tema “Sikap, Belief dan Faktor Demografi Orang Tua terhadap Produk Suplemen Anak” yang dihadiri oleh orang tua, mahasiswa, dan dosen Magister Psikologi juga bekerja sama dengan Generos sebagai salah satu brand suplemen anak Indonesia. Dalam diskusi FGD, terdapat pemaparan dari ahli maupun orang tua terhadap suplemen dan manfaatnya untuk anak.

Generos

Melihat pentingnya suplemen bagi orang tua untuk tumbuh kembang anak. Generos sebagai salah satu produk suplemen anak herbal mengadakan penelitian, salah satunya penelitian sikap orang tua terhadap produk suplemen anak. Penelitian ini merupakan upaya Generos dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap suplemen yang memenuhi kebutuhan anak dan halal.

Public Relation Generos, Desti Silviana mengatakan, bahwa FGD ini sangat penting untuk menyamakan persepsi antar orang tua dalam memberikan suplemen untuk tambahan gizi harian anak. Dengan adanya FGD dengan Magister Psikolog UAD, bisa mendapatkan dokumen termasuk studi kasus dan sama-sama melakukan diskusi terkait keresahan yang dirasakan para orang tua khususnya untuk tumbuh kembang anak.

“Dalam hal ini, Generos sebagai suplemen anak memiliki peran yang cukup penting untuk memfasilitasi FGD dengan tujuan menyamakan persepsi tentang kebaikan suplemen tertentu untuk anak. Dimana suplemen adalah zat tambahan sebagai pelengkap atau pendukung kebutuhan sehari-hari,” tuturnya.

Semakin maraknya produk suplemen untuk tumbuh kembang anak, maka semakin banyak pula pilihan yang dihadapi oleh orang tua. Selain mempertimbangkan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan anak. Orang tua juga harus memperhatikan kecocokan anak terhadap suatu suplemen.

Oleh itu, Generos melakukan penelitian yang bekerja sama dengan prodi Teknik Pangan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Kerja sama ini bertujuan untuk menelusuri lebih lanjut kandungan antimikroba yang terdapat dalam Generos. Adapun bakteri yang diselidiki berasal dari lima kandungan Generos yaitu ikan sidat, temulawak, pegagan, madu hutan, dan mengkudu.

Sebelum melanjutkan pengujian antimikroba, tim riset telah melakukan berbagai proses tahap pengujian dengan sampel cairan Generos. Diantaranya uji biokimia, uji morfologi, dan uji kadar asam. Dari pengujian tersebut, peneliti menemukan 25 jenis bakteri baik yang terkandung dalam Generos

Dari hasil uji kadar asam, Generos mempunyai kadar asam yang normal. Kadar asam yang ditemukan diantaranya adalah asam laktat. Fungsi Asam laktat sendiri dalam Generos mencegah bakteri patogen yang dapat menyebar ke tubuh. Tak hanya itu, asam laktat mempunyai peran untuk tubuh membantu kerja sel dan jaringan dalam menghasilkan energi.

Sedangkan 25 jenis bakteri yang telah ditemukan pada cairan Generos mempunyai manfaat baik untuk mencegah penyebaran bakteri jahat, salah satunya e.coli. E.coli merupakan bakteri yang sangat berbahaya bagi anak-anak karena dapat menyebabkan diare, mual, dan muntah.

Dosen sekaligus ketua tim riset antimikroba Generos, Ika Dyah Kumalasari menjelaskan, bahwa bakteri tersebut akan berkoordinasi dengan asam laktat. Sehingga bisa mencegah penyebaran bakteri jahat. Selain itu, 25 jenis bakteri ini mempunyai hasil positif. Artinya, punya manfaat yang baik untuk metabolisme anak.

“Pada hasil uji sementara yang telah dilakukan tim riset UAD. Ditemukan 25 jenis bakteri baik dengan hasil uji positif dalam cairan Generos. Bakteri ini merupakan jenis probiotik yang mempunyai peran spesial bagi kesehatan tubuh. Sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh maupun pencernaan anak,” ujar Ika.

Generos Mulai Melakukan Tahap Uji Praklinis bersama Program Studi Farmasi UAD Yogyakarta

Kepercayaan masyarakat terhadap produk herbal semakin meningkat seiring dengan tren back to nature yang masih laris hingga saat ini. Termasuk produk suplemen dengan bahan alami. Bagi orang tua, suplemen anak juga tak kalah pentingnya untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anak. Namun, banyak faktor yang harus diperhatikan oleh orang tua sebelum membeli produk suplemen anak. Diantaranya mempertimbangkan kebutuhan anak dan kualitas dari produk suplemen.

Dari kualitas produk suplemen anak inilah, Generos menggandeng program studi Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta untuk melakukan uji praklinik. Pengujian ini bertujuan agar masyarakat semakin percaya dengan bahan herbal yang telah diuji secara ilmiah.

Salah satu tim riset Program Farmasi UAD, Faizlanna Sihan menjelaskan, bahwa uji praklinik yang bekerjasama dengan Generos ini bertujuan untuk mengetahui fungsi anti inflamasi pada cairan Generos. Untuk saat ini proses penelitian sedang dalam masa percobaan awal atau pra pendahuluan.

Faiz menambahkan, penelitian ini akan mendeteksi sejauh mana fungsi dan jangka waktu yang dibutuhkan Generos untuk menjadi anti inflamasi pada tubuh. Anti inflamasi sendiri merupakan salah satu senyawa aktif yang bermanfaat untuk meredakan radang atau bengkak pada tubuh. Sehingga dapat meredakan nyeri dan menurunkan demam.

“Setelah melalui berbagai tahapan proses anti inflamasi ini, akan mengetahui seberapa jauh Generos mempunyai efek anti inflamasi khusus untuk tubuh anak. Juga bisa melihat jangka waktu yang dibutuhkan dalam proses menurunkan radang maupun pembengkakannya,” ujar Faiz.

Dengan mengadakan penelitian ini, Generos memberi perhatian khusus kepada orang tua, dalam membantu mereka memilih suplemen yang terpercaya untuk penunjang daya tahan tubuh anak. Sebagai bahan herbal, langkah uji praklinik ini menjadi sebuah langkah lanjutan dalam meyakinkan masyarakat terhadap produk suplemen anak, khususnya Generos.

Hal ini juga didukung oleh Formulator Generos, Retnosyari Septiyani. Ia menuturkan bahwa Generos sedang melakukan penelitian bersama empat program studi yang tersedia di UAD. Diantaranya program studi Teknik Pangan, Farmasi, Bisnis Jasa Makanan, serta Magister Psikologi. Hasil dari empat penelitian ini adalah sebuah jurnal. Sehingga masyarakat bisa langsung membaca hasil dari penelitian tersebut.

“Uji praklinik ini diharapkan bisa menambah kepercayaan orang tua terhadap Generos. Sebab hasil penelitian ini yang akan menunjukkan keterkaitan fungsi satu sama lain. Seperti kinerja antioksidan maupun anti inflamasi pada cairan Generos. Ketika antioksidan pada Generos meningkat, maka anti inflamasi pun juga ikut naik. Tentu saja ini sangat bagus dalam menunjang tumbuh kembang anak,” ujar Retno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.