Majalah MARKETING: Barometer Penting Para Marketer

0
2163

Oleh : PJ Rahmat Susanta,  Pemimpin Umum/Redaksi Majalah Marketing

Sejarah Majalah Marketing dimulai pada tahun 2001 ketika masih dalam bentuk Tabloid Marketing. Saat itu, media cetak yang kontennya berfokus pada dunia marketing memang belum ada.

Tabloid Marketing kemudian hadir mengisi kekosongan tersebut dengan menampilkan isi seputar dunia marketing, PR, periklanan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan dunia marketing. Handi Irawan, yang memiliki gagasan ini kemudian mengajak beberapa pihak untuk sama-sama menjalankan misi ini.

Kehadiran Tabloid Marketing mendapat sambutan yang baik dari komunitas bisnis, mengingat jumlah marketer di Indonesia terbilang cukup besar, tidak hanya para profesional tetapi juga kalangan mahasiswa. Namun sayangnya format Tabloid belum mampu menciptakan pertumbuhan bisnis yang baik.

Pada tahun 2004 akhirnya kami mengganti format tabloid dengan format majalah. Sekaligus hal ini untuk menyasar pasar yang lebih tinggi dan premium. Dalam teori marketing, mengangkat merek dari pasar bawah ke pasar premium bukanlah pekerjaan mudah.

Di tahun-tahun awal pendirian majalah, konsumen masih menyebut kami Tabloid Marketing sekalipun formatnya sudah menjadi majalah. Beberapa pembaca bahkan merasa bahwa MARKETING sudah hilang di pasaran. Namun itulah risiko yang harus diambil untuk sebuah strategi marketing.

Untuk memperkuat brand Majalah Marketing, kami membuat berbagai program marketing seperti event dan kerja sama promosi dengan berbagai pihak. Khususnya program ini ditujukan kepada kelompok manajer dan direktur yang menjadi segmen baru kami.  Sementara untuk kalangan “grass root” kami, yakni kalangan mahasiswa, kami rutin menyelenggarakan ajang kompetisi marketing seperti Marketing Award dan Marketing Idea Competition.

Sebagai sebuah penerbitan pers, kami tentunya memiliki kewajiban untuk menyampaikan berbagai informasi dan data yang tepat untuk para pembaca kami. Namun di sisi lain, kami memiliki kewajiban untuk bisa membentuk para marketer di Indonesia agar memiliki daya saing yang lebih baik. Oleh karenanya, selain majalah, kami kemudian membentuk berbagai divisi yang bisa melayani kebutuhan para marketer di Indonesia seperti riset, training, konsultasi sampai event dan billboard.

Kami juga rutin menyelenggarakan berbagai penghargaan yang bertujuan menciptakan kompetisi yang sehat antar marketer di Indonesia. Penghargaan pertama yang kami selenggarakan khusus untuk korporasi adalah Call Center Award, sebuah penghargaan yang diberikan untuk perusahaan yang punya kinerja baik di bidang call center.

Penghargaan yang rutin kami selenggarakan sekaligus menciptakan apresiasi yang semakin tinggi pada Majalah Marketing. Pada tahun 2007 kami menyelenggarakan penghargaan Top Brand Award yang menjadi barometer para pemilik merek di Indonesia. Penghargaan lainnya adalah Service Quality Award, Digital Marketing Award, Marketing Award, dan Social Media Award. Rutinitas yang kami jalankan serta kualitas data yang mendukung penghargaan membuat komunitas bisnis semakin percaya kepada Majalah Marketing.

Sejak tahun 2004, Majalah Marketing juga sudah memiliki situs Marketing.co.id. Perubahan konsumen ke arah digital mendorong kami untuk mengantisipasinya dengan produk digital. Termasuk juga format majalah dalam bentuk digital.

Sekalipun pasarnya masih jauh lebih kecil dibandingkan para pembaca media konvensional, namun kami percaya bahwa generasi baru akan menambah para pembaca setia kami. Mereka adalah generasi yang harus dipuaskan dengan konten yang berformat digital.

Kini kami bangga bahwa Majalah Marketing menjadi barometer penting dalam perkembangan dunia marketing di Indonesia. Dari sisi market, Majalah Marketing menjadi market leader dan memiliki pembaca-pembaca yang setia.

Beberapa testimoni langsung muncul dari hati pembaca kami menyatakan bagaimana Majalah Marketing telah menjadi bagian penting dalam hidup mereka, bahkan menghantarkan kesuksesan mereka dalam dunia bisnis.

Oleh karenanya, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para pembaca kami yang telah menjadi pembaca setia majalah Marketing. Termasuk tentunya juga para pembaca Marketing.co.id. Semoga Majalah Marketing dan Marketing.co.id bisa semakin dekat di hati para pembaca. Sukses selalu buat Anda ! ( *)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.