Marketingcoid – Hari ini, Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group akan kembali menyelenggarakan perhelatan rutin tahunan – Top Brand Award 2016 – di Hotel Mulia, Jakarta.
Penghargaan yang akan dihelat selama 3 hari (2-4 Februari) tersebut diberikan berdasarkan hasil Top Brand Fase 1 2016, yang terdiri dari dua jenis panel.
Panel pertama adalah survei dengan target responden B2C dan panel kedua dengan target responden B2B.
Survei Top Brand responden B2C melibatkan 9.900 sampel random dan 2.500 sampel booster. Survei ini dilakukan di 15 kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Banjarmasin, Manado, Medan, Makassar, Pekanbaru, Balikpapan, Palembang, Samarinda, dan Denpasar.
Sedangkan survei Top Brand responden B2B melibatkan 1.600 perusahaan yang berada di Jakarta, Bandung, Medan dan Surabaya.
Menurut survei, logo Top Brand menjadi logo penghargaan yang paling dikenal dibandingkan dengan logo penghargaan sejenis lainnya. Di kawasan Jatabek (Jakarta, Tangerang, Bekasi) tingkat awareness-nya mencapai angka 90%.
Bahkan, hasil risetnya sudah teruji di depan forum profesor di University of New South Wales, Australia serta menjadi bahan tesis serta disertasi.
Top Brand sendiri memberikan arti penting bagi kompetisi merek di pasar. Banyak sekali merek-merek yang tadinya populer kemudian lambat laun turun, bahkan hilang dari peredaran.
Dinamika merek-merek di pasar menunjukkan bahwa kompetisi antarmerek di pasar semakin tinggi. Bukan hanya sesama kategori produk, namun juga dengan kategori produk lainnya.
Hasil lengkap merek-merek mana saja yang berhasil meraih Top Brand Award 2016 dapat dilihat di Majalah Marketing edisi terbaru Februari 2016.