Market Research Agency Bantu Mudahkan Survei

0
68

Marketing.co.id – Berita Marketing | Saat tengah berbelanja di pusat perbelanjaan, pernahkah anda didatangi seseorang yang menanyakan apakah kita sudah menggunakan sebuah produk tertentu, atau berapa lama kita sudah memakainya, dan berbagai macam pertanyaan untuk sebuah survei pelanggan?.

Ada beberapa kondisi yang membuat market research Indonesia sangat penting. Salah satunya adalah kebutuhan sebuah brand untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumennya. Biasanya jika bisnis sudah dijalankan selama lebih dari beberapa bulan, maka akan diketahui bahwa konsumen memiliki pendapat yang kuat. Menawarkan survei riset pasar berarti memberi mereka saluran formal untuk mengungkapkan pendapat tersebut.

Melakukan survei dengan mendatangi langsung konsumen, pelan-pelan sudah mulai ditinggalkan karena terdapat banyak kelemahan menggunakan cara tersebut. Seperti misalnya biaya yang besar dan juga tingkat pengembalian yang kecil. Jika kita sedang berada di pusat perbelanjaan lalu mendapatkan secarik kertas survei, apakah kita akan isi dan kembalikan? Pasti sangat jarang terjadi.

Di era digital seperti saat ini, sarana untuk melakukan survei sudah lebih baik dengan mengirimkan melalui email, Google Form atau melalui platform pihak ketiga yang membantu brand dengan semua urusan riset pasar.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Mulai Survei Riset Pasar?

Survei akan berharga jika brand memiliki sampel yang relatif besar untuk dikirimkan pertanyaan. Jumlah sampel yang Anda pilih akan tergantung pada ukuran pasar target Anda dan margin kesalahan yang Anda terima. Semakin besar sampel Anda maka semakin kuat data yang akan Anda terima.

Setelah memilih sarana yang tepat, hal berikut yang harus dilakukan adalah mempertimbangkan konteks pengguna. Di mana dan kapan responden akan menyelesaikan survei? Perangkat apa yang mereka gunakan? Apakah mereka sedang bergerak? Berapa banyak waktu yang mereka miliki? Berapa banyak gangguan yang mereka hadapi? Pertanyaan-pertanyaan ini akan membuat anda mampu memilih peserta dengan lebih bijak.

Langkah berikutnya adalah mengetahui pasar segmen konsumen yang akan dibidik oleh bisnis kita. Cara paling tepat adalah menanyakan langsung. Konsumen memiliki pendapat yang kuat sehingga menawarkan survei riset pasar berarti memberi mereka saluran formal untuk mengungkapkan pendapat tersebut.

Menentukan waktu pengiriman survei juga sangat penting. Jika memilih mengirim email, mungkin anda tidak akan melakukannya pada pukul 16:45 pada hari Jumat karena biasanya akan mendapat respon yang sedikit jelang akhir minggu.

Cara-cara survei diatas sering dilakukan oleh pihak brand yang berkepentingan. Namun jika ingin lebih mudah, maka menggunakan platform pihak ketiga akan lebih membantu, tentunya akan ada biaya tambahan tersendiri.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Bisnis.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.