Selama bertahun-tahun Marketing Award menjadi sarana yang digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia untuk menguji kehebatan strategi marketing mereka.
Sejak diluncurkan pada 2005, Marketing Award menjadi perlombaan para marketer yang paling konsisten dijalankan. Kriteria yang diperlombakan terus mengalami modifikasi, namun itu lebih untuk mengikuti perkembangan dalam dunia marketing.
Marketing Award diberikan berdasarkan penjurian. Marketing Award didasarkan atas pencalonan, baik dicalonkan oleh perusahaan maupun tim redaksi Majalah Marketing.
Dari proses pencalonan tersebut, panitia menjalankan proses seleksi yang dilakukan baik lewat presentasi di hadapan para juri maupun editorial choice.
Juri-juri Marketing Award berasal dari kalangan akademisi sekolah MM ternama di Indonesia. Tujuannya tidak lain untuk mendekatkan dunia pendidikan tinggi dengan industri.
Ada beberapa kategori yang diperlombakan dalam ajang Marketing Award 2016, yakni market driving, experiential marketing, marketing campaign, marketing innovation, international marketing, dan social marketing.
3 indikator penilaian
Pemenang Marketing Award bervariasi, mulai dari perusahaan berskala besar sampai kecil. Posisi di pasar tidak menjadi acuan dalam penilaian. Yang dilihat tigal hal: strategi, implementasi dan result. Kecermatan, kegeniusan, dan bahkan keoriginalitasan dari strategi menjadi dasar penilaian awal.
3 indikator tersebut menjadi dasar untuk memilih perusahaan pemenang Marketing Award 2016. Itulah sebabnya, dalam ajang ini diperlukan proses penjurian untuk beberapa perusahaan. Tujuannya untuk mengklarifikasi apakah strategi tersebut original atau tidak.
Pemenang Marketing Award 2016 tidak didominasi perusahaan asing. Ada banyak perusahaan lokal yang memiliki ide-ide original dan sesuai dengan mood pasar di Indonesia. Siapakah Jawara Marketing Award 2016? Nantikan beritanya di www.marketing.co.id.