Marketing Seiring Perkembangan

Istilah marketing telah berubah dan berkembang seiring berjalannya waktu. Kini marketing didasarkan atas kebutuhan untuk menyediakan benefit yang kontinu untuk pelanggan dan benefit ini disediakan supaya transaksi bisa terwujud.

Kini kita bisa mendefinisikan marketing sebagai proses manajemen untuk mengenali, mengantisipasi dan memuaskan kebutuhan pelanggan secara efektif dan efisien.

Marketing jelas harus menjadi fungsi yang diperhatikan benar oleh manajemen dan tidak bisa diserahkan kepada staf begitu saja. Marketing memerlukan koordinasi dan perencanaan agar implementasinya bisa berjalan baik dan lancar. Kita memerlukan manajer yang kompeten dengan skill yang sesuai untuk memastikan sukses.

Tujuan dan target marketing harus dimonitor, dianalisa, diantisipasi dan disesuaikan dengan segala perkembangan dan perubahan yang terjadi seiring berjalannya waktu. Melalui penggunaan dan pengelolaan pasar dan riset marketing, suatu perusahaan harusnya bisa mengenali kebutuhan pelanggan dan pada saat yang sama memastikan bahwa kebutuhan tersebut bisa dipuaskan.

Pakar marketing Philip Kotler mendefinisikan marketing sebagai aktivitas untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui proses transaksi.

Melalui transaksi ini pelanggan tidak hanya menukarkan apa yang mereka sangat hargai, yaitu uang, tapi juga waktu dan tenaga. Dengan demikian benefit, solusi dan value yang kita sediakan juga harus sebanding dengan harga yang dikeluarkan.

Demikian marketing bukan hanya menyediakan produk atau layanan saja, melainkan adalah menyediakan solusi dan benefit yang sesuai dengan perubahan kebutuhan dan demand dari sisi pelanggan.

Sumber: LearnMarketing.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.