Masyarakat Harus Siap Tingkatkan Kompetisi dalam Era Ekonomi Digital

0
948
tarif data
Menkominfo Rudiantara menyampaikan keterangan pers.
ekonomi digital
Menkominfo Rudiantara menyampaikan keterangan pers.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan sektor komunikasi dan media adalah sektor dengan pertumbuhan ketiga setelah keuangan dan perbankan. Keuangan dan perbankan tumbuh 12% sementara komunikasi dan media tumbuh 8%. Ia juga menyatakan bahwa pertumbuhan di sektor komunikasi dan media ini harus terus dijaga.
 
Menurutnya metode perhitungan pertumbuhan sektor ini dalam lima tahun akan berubah. “Sebelumnya, pertumbuhan sektor dihitung dari jumlah pendapatan operator. Ke depannya, pertumbuhan sektor harus dihitung dari implied value yang dihasilkan industri dan ini berarti aplikasi,” ujar Rudiantara.
 
Oleh karena itu, ia sangat menekankan pentingnya pengembangan aplikasi untuk mendorong pertumbuhan industri. Saat ini semua orang pasti bersentuhan dengan aplikasi. Ia ingin agar Indonesia bisa kompetitif di sektor aplikasi ini tanpa harus menutup diri dari aplikasi buatan luar negeri. “Indonesia harus kompatibel dengan dinamika yang terjadi di dunia,” ujar Rudiantara.
 
Sekretaris Jenderal ATSI, Merza Fachys menambahkan, dunia digital telah mengubah dan memengaruhi kehidupan semua orang. Dengan demikian, mau tidak mau kita harus bisa mengikuti perubahan itu agar bisa mengikuti dinamika yang terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.