Mau Bisnis Jalan Sendiri Secara Auto Pilot?

0
6939
Mau Bisnis Jalan Sendiri Secara Auto Pilot
Sumber: befabyoulous
Reiner
Reiner Rahardja, founder Reitech Solusindo

Siapa sih yang nggak pingin berleha-leha, ongkang-ongkang kaki, tapi uang ngalir terus? Semua orang pasti menginginkannya. Bagi seorang pebisnis, hal tersebut mudah untuk dilakukan.

Sekarang coba bayangkan, seorang eksekutif atau professional, harus terus memberikan kontribusinya jika ingin mendapatkan uang. Tapi tidak bagi para pelaku bisnis, karena mereka bisa melakukannya asalkan bisnis miliknya masih terus berjalan.

Bagaimana cara agar bisnis yang kita geluti mampu berjalan sendiri secara auto pilot? Berikut adalah tips dari Reiner Bonifasius Rahardja, founder dari perusahaan trading ekspor-impor, Reitech Solusindo.

  1. Buat sistem

Pertama buatlah sistem yang bisa dijalankan oleh seluruh karyawan. Tentu saja dengan mencobanya terlebih dahulu, apakah ini bisa dijalankan atau tidak. Jangan sampai hanya berasumsi, karena Anda bisa ditipu atau malah karyawan yang kena getahnya.

“Contoh ringannya, kalau bilang setengah tutup botol karbol bisa buat ngepel, coba dulu ngepel, benar bisa apa nggak?” ucap Reiner.

  1. Cari orang yang tepat

Ia kembali menambahkan, setelah membuat sistem, Anda harus bisa mencari orang yang tepat untuk bekerja dan menjalankan sistem tersebut. Lihat karakter mereka, cari tahu latar belakangnya, apakah orang tersebut bisa diandalkan untuk posisi tersebut atau tidak.

“Tepat itu bukan berarti lulusan akuntan jadi akuntan, karena banyak yang bekerja tidak sesuai dengan studi yang diembannya. Tapi temui orang yang tepat pada posisi yang tepat, di waktu yang tepat,” jelasnya.

  1. Buat corporate culture

Buat visi-misi yang bisa diturunkan kepada karyawan, seperti apa budaya yang ada pada perusahaan Anda. Namanya boleh macem-macem, tapi intinya, itu adalah dasar hukum yang ada pada perusahaan Anda.

“Mengapa aturan Indonesia bisa ada banyak tapi tidak menyalahi aturan sebelumnya, karena ada landasan Pancasila-nya. Jadi hukum yang nantinya dibuat (meski tanpa sepengetahuan Anda), tidak boleh lari dari pilar hukum yang sudah ada,” tegas Reiner.

Nah, ketiga hal inilah yang menurut pria lulusan University of Shouthern Queensland itu yang tidak bakal bisa ditemui dalam teori mana pun.

 

Editor: Wachid Fz

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.