Media Sosial Bagi Penggemar Fitness

Marketing.co.id – Sebagai raja media sosial, posisi Facebook memang belum tergoyahkan untuk saat ini. Tapi, media sosial pun ada yang segmented atau menyasar segmen tertentu, misalnya situs media sosial SixReps yang khusus menyasar segmen para penggemar fitness. Ya betul, ini dia Facebook-nya para penggemar fitness.

Ketika kita membuka SixReps, terkesan bahwa situs ini berasal dari luar negeri dan ditata dengan apik. Tapi, ternyata situs ini adalah besutan orang Indonesia, Denny Santoso dan Sanny Gaddafi, yang berkantor pusat di Jakarta. SixReps pertama kali diluncurkan dan diperkenalkan ke publik oleh Denny pada event Ultimate Body Contest 2010 yang diadakan di Bali.

Tadinya SixReps tidak dimaksudkan untuk menjadi situs media sosial. Tapi kini SixReps menjadi situs media sosial bagi para pencinta fitness karena passion dari pendirinya, Denny, yang juga adalah penulis dua buku tentang diet dan mempunyai koneksi dengan komunitas fitness di Indonesia.

Nama SixReps sendiri adalah singkatan dari “six repetitions yang merupakan hal penting dalam hal latihan angkat beban, ketika seseorang harus melakukan repetisi atau pengulangan sebanyak enam kali jika ingin mendapat hasil maksimal dalam membentuk otot. Para member pengguna situs SixReps.com dikenal dengan istilah “Six’ers”.

Pada tahun 2006 lalu, Denny sudah mempunyai ide untuk menciptakan situs media sosial bagi para penggemar fitness, tetapi waktunya masih dirasa belum tepat. Baru pada Agustus 2010, Denny bertemu dengan Sanny yang nantinya menjadi CTO SixReps. Setelah merekrut beberapa anggota tim dan menggodok situs tersebut selama sekitar tiga minggu, SixReps siap diluncurkan pada November 2010.

Pada Mei 2011, SixReps mensponsori Ultimate Body Contest Roadshow di Indonesia. Event ini terbatas hanya untuk para member SixReps (Six’ers). Di sini SixReps menyediakan layanan live streaming yang bisa ditonton oleh para Six’ers. Hingga April 2011, tercatat rata-rata pengguna menghabiskan waktu di situs ini adalah sekitar 18 menit, dan page views-nya mencapai kira-kira 426.000 per bulan.

Situs SixReps mempunyai fitur-fitur dasar layaknya sebuah situs media sosial, yaitu blog, chat, event, friends, games, foto, dan video. Fungsi jaringan media sosial dikelompokkan berdasarkan negara atau lokasi para Six’ers tinggal. Situs ini juga menggunakan database yang memuat klub-klub kebugaran yang terseleksi di seluruh dunia, panduan berlatih, logs (catatan) berlatih, progress tracker (untuk memantau kemajuan dalam latihan), serta fitur bagi para Six’ers untuk mengunggah foto yang menunjukkan segala kemajuan yang sudah dicapai.

Interface SixReps cukup user-friendly yang mampu menangani dan memfasilitasi segala aktivitas sosial di dalam suatu situs. Salah satu fitur yang digunakan, para Six’ers bisa memasukkan statistik tubuh dan mengunggah gambar perkembangan latihan mereka. Karena semua orang di jaringan sosial SixReps adalah penggemar fitness, dianggap wajar jika Anda ingin memamerkan otot atau kelangsingan tubuh.

Lebih jauh lagi, blog SixReps menampilkan artikel yang di-posting oleh Six’ers lainnya (user generated content) mengenai tips atau opini fitness. Para pengguna bisa saling memberi komentar, berbagi, dan belajar. Jaringan sosial fitness ini juga dilengkapi video, events, serta serangkaian latihan yang bisa dilakukan oleh para pencinta fitness.

SixReps juga bukannya diluncurkan tanpa rencana. Sebuah ide harus diterapkan sejalan dengan timing yang sesuai dan tren yang sedang berlangsung. Seiring semakin banyaknya orang Indonesia yang bisa terhubung ke internet serta industri fitness di Indonesia masih tergolong muda tapi sedang dalam posisi berkembang, SixReps diharapkan bisa bertumbuh.

SixReps juga dirancang agar bisa mengisi gap di dalam industri fitness, orang-orang yang getol nge-gym bisa saling berbagi dan tetap terhubung. Selain untuk mendapatkan koneksi baru yang mempunyai minat sama, SixReps juga dimaksudkan agar para Six’ers bisa semakin termotivasi dan semangat untuk menyempurnakan latihan dan membangun pengetahuan fitness mereka.

Baru-baru ini SixReps mengembangkan jaringan dengan mengumumkan soft launching situs mereka di Las Vegas, Amerika Serikat, dalam acara Olympia Weekend 2011, sekitar September 2011 lalu. Langkah ini merupakan strategi mereka untuk berusaha mengembangkan jaringan ke pasar asing.

Denny menjelaskan bahwa SixReps melakukan soft launching ini untuk menggali pengetahuan pasar (market insights). Mereka sedang dalam tahap proses negosiasi dengan para investor Amerika supaya bisa meluncurkan layanan mereka untuk target market di sana. Kini SixReps tengah menunggu selesainya proses untuk mendapatkan investasi ini. Walaupun Denny sendiri tidak dapat menghadiri event tersebut, hal itu bukanlah masalah karena penjajakan untuk pasar Amerika diperkirakan akan selesai sekitar awal tahun 2012 ini.

Selain itu, fokus dari SixReps selanjutnya adalah membangun faktor internal seperti infrastruktur dan mengembangkan server. Hal ini dianggap sangat penting karena kini mereka akan merambah pasar internasional. Hingga saat ini, server mereka bisa mengakomodasi sampai 5.000 pengguna dalam waktu bersamaan.

Hal unik lain yang ditawarkan adalah SixReps Passport yang berfungsi sebagai kartu identitas para Six’ers. Kartu paspor ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kemudahan atau keuntungan tertentu setelah dicetak dan dibawa ke mitra-mitra yang sudah ditunjuk oleh SixReps. Gold’s Gym adalah salah satu franchise gym terbesar di Indonesia yang telah menjalin kerja sama dengan SixReps. Mereka memberikan free trial VIP pass selama dua minggu di cabang Gold’s Gym pilihan yang hanya berlaku bagi para Six’ers. Paspor ini pun kelak akan dibuat supaya bisa berlaku secara internasional.

Bagaimana para pecinta fitness? Segera buatlah akun SixReps Anda!

Dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.