Media Sosial, Showroom Baru Mercedes-Benz

0
751
Photo: Getty Images
Photo: Getty Images

Marketing.co.id – Apakah Anda pernah membeli sebuah mobil melalui Twitter atau Facebook?

Mercedes-Benz baru-baru ini mencoba peruntungannya dengan menawarkan kepada pelanggannya di Cina untuk melakukan pembelian besar di media sosial. Mereka menawarkan mobil pintar (smart car) edisi terbatas (limited edition) pada layanan microblogging Sina Weibo.

Perusahaan tersebut hanya menjual 666 unit mobil pintar. Masing-masing mobil dibanderol dengan harga US$ 12,700. Mobil edisi khusus ini dirancang untuk menyambut dan merayakan Tahun Ular di penanggalan Cina.

“Ini merupakan pertama kalinya sebuah merek mobil menawarkan produknya dalam media sosial. Sebuah pendekatan penjualan yang inovatif,” kata Daniel Lescow, Kepala Divisi Kendaraan Pintar Mercedes-Benz China seperti dikutip China Daily.

Wakil presiden Mercedes-Benz juga menyatakan bahwa upaya tersebut bukan sekadar bagaimana menghasilkan penjualan, tapi itu juga merupakan upaya perusahaan untuk melibatkan pelanggan melalui media sosial. Pengguna Sina Weibo yang mencapai 400 juta lebih, menjadikannya sebagai platform utama bagi merek untuk menjangkau pelanggan.

Menurut perusahaan tersebut, penjualan mobil pintar di Cina meningkat 45% di 2012 dengan total penjualan mencapai 15.680 unit kendaraan. Ini masih kecil sekali mengingat besarnya pasar mobil Cina secara keseluruhan.

Kerja sama antara Sina Weibo dengan Mercedes-Benz ini merupakan kemenangan besar bagi platform tersebut.

Perusahaan ini juga baru saja bekerja sama dengan Xiaomi untuk menjual smartphone di Weibo, dan itu memberikan skema penghasilan lainnya seperti pada feed iklan. (Thenextweb.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.