Memanfaatkan Internet untuk Pengembangan Diri

0
1948

pengembangan diriwww.marketing.co.id – Sekarang ini internet sudah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari, terutama bagi pelajar maupun pekerja. Mereka menggunakan internet sebagai sarana mencari informasi, sarana komunikasi, dan bahkan ada yang menjadikan internet sebagai sumber penghasilan utama. Tidak sedikit dari mereka yang sangat bergantung terhadapnya, sampai-sampai merasa tidak bisa belajar atau bekerja secara maksimal tanpanya.

Banyak sekali hal-hal yang dapat kita lakukan dengan internet, termasuk pengembangan diri. Mengingat ketatnya persaingan kerja saat ini, pengembangan diri menjadi penting dan wajib dilakukan. Sebab pengembangan diri bisa memberikan nilai lebih pada diri kita, dibandingkan dengan orang lain.

Pengembangan diri bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri kita. Dengan pengembangan diri, kita bisa memiliki sesuatu yang belum tentu dimiliki orang lain. Kualitas diri kita tersebut bisa menjadi pertimbangan perusahaan untuk mempekerjakan kita. Tingginya posisi dalam dunia kerja kita nantinya juga bisa ditentukan oleh kualitas diri kita.

Kita harus mengembangkan diri agar kita menjadi yang terbaik. Berikut beberapa fokus dari pengembangan diri.

Mengembangan kognitif

Kita dapat menggunakan internet untuk mencari informasi, bukan? Informasi tersebut dapat memperluas wawasan kita, sehingga kita tahu lebih banyak hal. Informasi-informasi yang kita dapatkan tersebut bisa membantu dalam menyelesaikan masalah dalam keseharian.

Dengan tahu lebih banyak hal, kita pun bisa bicara lebih banyak. Hal itu dapat membuat kita menjadi sosok berkualitas di masyarakat. Kita sering mengaggumi orang-orang yang punya wawasan luas, bukan? Seperti pembicara-pembicara seminar atau atasan kita?

Mengembangkan kepribadian

Motivasi dan inspirasi bisa kita dapatkan pula dari internet. Melalui cerita fiksi ataupun cerita nyata mengenai pengalaman orang lain, kita bisa mengambil nilai-nilai moral untuk membentuk kepribadian yang lebih baik. Kepribadian yang baik membuat kita lebih diterima di masyarakat. Mungkin banyak orang yang pintar, namun kepintaran mereka tidak berarti jika kepribadiannya buruk.

Mengembangan keterampilan

Banyak keterampilan yang bisa kita pelajari di internet, mulai dengan membaca artikel tutorial atau streaming YouTube. Keterampilan pun beragam dari desain grafis, fotografi, menggambar, memasak, dan banyak lagi. Memperkaya keterampilan dapat membuat kita menjadi sosok yang lebih berharga di mata masyarakat.

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan unggul kita harus punya keinginan dan usaha untuk mengembangkan diri kita, dan salah satu sarana yang mudah dan dekat dengan kita adalah internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.