Mempelajari Perilaku Konsumen dengan The Sims Social

0
1150

zzzzzzzzwallpaper-the-sims-socialwww.marketing.co.id – Banyak praktisi di bidang teknologi memprediksi bahwa di tahun 2020 mendatang, Internet memiliki peran yang sangat besar dalam hal produksi, inovasi, layanan maupun pendidikan. Pada zaman yang lebih maju nantinya, kehidupan antara manusia dan teknologi tidak terpisahkan.

Berangkat dari kedua pendapat tersebut, The Sims Social bisa dijadikan sebagai salah satu contoh media yang dapat menjadi penghubung antara konsumen dengan produsen.

The Sims Social sepertinya telah memulai lebih cepat dari yang diperkirakan. The Sims bisa dikatakan sebagai sebuah terobosan baru dalam mewujudkan imajinasi sesorang ke dalam bentuk visual yang menarik. Istilah yang banyak digunakan orang adalah second life, untuk menanggapi keberadaan The Sims. Mereka yang memainkan permainan ini dapat dengan leluasa menciptakan avatar sesuai keinginannya, hingga bentuk rumah yang diingini.

Adalah Will Right, seorang game deisgner yang telah menciptkan The Sims. Sims merupakan rangkaian permainan yang telah diciptakan sejak akhir 1989, dengan beragam bentuk, hingga akhir tahun 2000 The Sims dinobatkan menjadi salah satu game komputer dengan penjualan terbesar, hingga mencapai 16 juta kopi.

The Sims Social, bagian dari rangkaian yang diluncurkan, merupakan kreasi baru dari The Sims di 2011, yang dapat dimainkan di situs jejaring sosial Facebook. Meski terdengar simple dan sangat sederhana, The Sims Social telah mampu menciptakan interaksi antar sesama teman di dalam Facebook dengan cara baru dan berbeda.

Di dalam The Sims Social, terdapat aktivitas interaktif yang menarik, bukan hanya dengan diagram mood dari avatar yang kita ciptakan, tetapi juga perintah-perintah kecil yang menjadikan avatar kita lebih hidup dan lebih seperti manusia.

The Sims Social juga memiliki mata uang sendiri, yaitu Simoleon, yang berfungsi untuk menopang kehidupan social avatar. Hal terpenting dari The Sims Social, yang membedakannya dari The Sims lainnya, adalah kebutuhan akan bantuan dari teman-teman online lainnya untuk dapat menyelesaikan sebuah permintaan.

Walaupun dikemas dalam bentuk game online yang hampir serupa dengan permainan lainnya, The Sims Social mampu dengan cepat mengumpulkan pemain, yang hingga saat ini tercatat di dalam fan page Facebook sebanyak 50 juta pemain aktif setiap bulannya. Melihat antusiasme pecinta game online terhadap The Sims Social merupakan contoh sukses dari sebuah merek yang mampu menciptakan loyalitas pelanggan, yang juga bersamaan menjadikan setiap penggunanya sebagai net promoter bagi game online tersebut. The Sims Social memberikan peluang. The Sims Social sama seperti dalam kehidupan nyata, tidur, mandi, makan, belanja dan sebagainya.

The Sims Social menjadi sesuatu yang penting bagi produsen consumer goods karena berdasarkan hasil dari riset New York University, 85% pengguna internet memiliki second life di internet. Dan apabila benar terjadi, The Sims Social bisa dijadikan tolok ukur bagi produsen consumer goods untuk melihat penetrasi pasar, dan perilaku. pelanggannya. Meski hanya bersandarkan pada kehidupan konsumen melalui dunia maya, informasi yang didapat akan  sangat berdampak pada strategi perusahaan kedepan.

Seperti yang telah dikatakan, bahwa Internet berperan dalam hal produksi, dan inovasi, The Sims Social dapat mejadi sebuah contoh kasus yang dapat diaplikasikan pada setiap produsen consumer goods, agar dapat dengan leluasa memetakan posisinya diantara kompetitor, serta untuk memenangkan mindshare, market share dan heart share dari konsumen. Bagaimana menurut Anda ? (Nazier Ariffin – STIE Prasetiya Mulya)

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.