Menaikkan Awareness Merek dengan Meme

0
3565

meme minion

(www.marketing.co.id) Pada era digital saat ini, tren dan perilaku konsumen semakin dinamis-selalu saja berubah dengan cepat dan tidak terkendali. Konsumen kini semakin ‘sulit’ didikte, apalagi kita bombardir dengan berbagai penawaran iklan-mereka dengan segera meninggalkan produk kita. Solusinya, sebagai marketers harus bisa merangkul dan ikut terlibat di percakapan mereka.

Di samping itu, marketers harus selalu terupdate dengan tren yang sedang berlangsung, terlebih yang sedang disukai masyarakat. Saat ini, Meme merupakan hal yang sedang banyak diperbincangkan dan disukai kebanyakan orang. Semua hal bisa di-memekan termasuk merek kita.

Meme merupakan tool terbaik yang bisa memunculkan reaksi orang terhadap hal tertentu. Hal ini jika diaplikasikan pada merek, tentu akan sangat baik. Secara tidak sadar mereka akan menyebarkanya-merek Anda pun akan semakin eksis. Viralisasi merek akan terjadi dengan sendirinya, hal ini sangat menguntungkan Anda tentunya.

Nah, jika Anda akan memutuskan untuk menggunakan Meme untuk menaikan pamor merek Anda. Berikut hal-hal yang harus dilakukan:

Pemilihan Gambar yang sesuai

Memilih gambar yang sesuai dengan merek Anda adalah langkah awal yang harus diperhatikan. Jangan asal pilih gambar, karena bisa jadi akan menurunkan reputasi merek Anda.  Gambar yang dipilih tentu gambar yang mengandung unsur emosi-lebih banyak humor. Anda bisa menggunakan gambar yang sudah tersedia di Google, namun jangan lupa untuk tetap memberikan sumbernya.

Contoh beberapa Meme yang menggambarkan merek-merek tertentu

Meme merek

Menambahkan Kalimat/Pesan

Setelah Anda mendapatkan gambar yang sesuai dengan merek Anda, tahapan selanjutnya adalah menambahkan kalimat/pesan pada gambar tersebut. Kalimat yang Anda buat bisa berupa permainan kata, bisa juga dengan kata-kata bijak. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan.

meme susu

Mempromosikan Meme

Tahapan terakhir adalah Anda harus mempromosikanya lewat media sosial, baik Facebook, Twitter, Instagram atau pun platform pesan seperti Whatsapp dan BBM. Perlu diingat masa hidup Meme sangatlah terbatas, bisa saja Meme yang Anda buat saat ini-sebulan kemudian sudah tidak relevan. Sehingga penentuan waktu yang tepat juga perlu diperhatikan. Timing yang tepat dan promosi yang tepat adalah dua hal yang sangat penting. Jadi perhatikan dua hal tersebut ketika Anda sudah siap untuk menggunakan Meme sebagai alat promosi merek Anda. Selamat Mencoba! (Kusnadi Assaini/Marketing.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.