Menangkap Peluang di Komunitas Hijaber

0
1494
komunitas hijaber
Hari Hijaber nasional 2016 dihadiri Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Konten-konten yang ditampilkan DairyHijaber tidak melulu soal dakwah. Portal ini juga merekomendasikan konten yang sesuai karakter generasi muslim (GenM).

komunitas hijaberTren fashion hijab mendorong menjamurnya komunitas hijaber. Pasalnya, banyak wanita berhijab yang ingin menjadi bagian dari komunitas tersebut karena memiliki visi dan misi yang sama, baik dari segi keyakinan, bergaya atau berbusana, bahkan kesamaan status. 

Kesamaan tujuan ini pula yang mendorong komunitas Hijaber United mendirikan portal berita www.diaryhijaber.com. Portal ini sebagai wadah wanita muslimah, khususnya yang sudah berhijab, untuk bebas mengekspresikan kreativitasnya dalam bentuk visual yang dapat dibagikan ke sesama teman dalam komunitas online.

“DiaryHijaber berawal dari forum media sosial, Instagram dan Twitter. Kemudian pada pertengahan tahun 2014 bertransformasi menjadi portal berita yang memiliki beragam konten menarik untuk para hijaber,” kata  Suci Shaumy Afriany, Founder DiaryHijaber.

Fitur dan konten yang ditampilkan di DiaryHijaber sangat menarik dan erat hubungannya dengan kehidupan muslimah sehari-hari, seperti fitur Lifestyle & Tutorial yang berisi artikel bisnis, tutorial hijab, fashion & beauty. Ada juga fitur Events, yakni seputar kegiatan offline komunitas Hijaber United yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

“Terdapat pula fitur Islamic Motivation yang berisikan konten artikel keislaman untuk memotivasi, menginspirasi, dan memberi pencerahan spiritual bagi para hijaber. Sedangkan bagi mereka yang menyukai kuliner disediakan fitur Halal Food, yang membahas rekomendasi tempat makanan kekinian dan halal,” jelas Suci.

Tak hanya menyuguhkan konten-konten yang dapat menambah wawasan pembacanya, portal ini pun memiliki banyak konten yang bisa menjadi sarana untuk mengapresiasi bakat-bakat para hijaber, seperti fitur Contest. Anggota DiaryHijaber yang memiliki bakat seni, suka dengan fotografi dan membuat video serta menulis blog dapat mengikuti kontes-kontes yang sedang berlangsung di sini.

Yang menarik, para hijaber bisa menyampaikan pendapatnya tentang apa saja. Mulai dari kehidupan pribadi, lingkungan, sekolah, dan lainnya selama tidak mengandung unsur SARA, melalui fitur Sharing Corner. 

“Untuk berbagi sesama hijaber ada fitur Hijaber of the Week yang diperuntukkan bagi anggota yang tergabung dan memiliki prestasi di bidang agama, sosial, dan akademik. Mereka akan diliput untuk memotivasi anggota lainnya,” terang Suci.

Selain sebagai portal berita, DiaryHijaber bergerak sebagai media partner bagi berbagai produk yang berelasi dengan kebutuhan hijaber di Indonesia. Bersama tim kreatif membentuk suatu komunikasi yang tepat dari klien kepada seluruh hijaber, khususnya anggota DiaryHijaber dan umumnya kepada seluruh hijaber di Tanah Air.

Didominasi GenM

DiaryHijaber merupakan satu-satunya portal berita di Indonesia yang memiliki komunitas hijaber, yakni Hijaber United. Saat ini DiaryHijaber telah memiliki lebih dari 16.900 anggota terdaftar dari 204 kota. Sementara komunitas Hijaber United sendiri sudah memiliki 434 anggota aktif yang tersebar di 16  kota.

“Komunitas online maupun offline didominasi GenM berusia 15-30 tahun sebanyak 80%, berlatar belakang siswi sekolah, mahasiswi, hingga profesional muda. Sisanya sebesar 20% dari rentang usia di atas 30-40 tahun berasal dari profesional dan ibu rumah tangga,” sebut Suci.

Menurutnya, GenM tak hanya pintar dan berpengetahuan, tapi juga memiliki daya beli yang cukup tinggi, sehingga mereka sangat kritis dan selektif dalam mengakses informasi. Alhasil, dalam menggarap segmen ini DiaryHijaber sangat concern menyediakan fitur dan konten yang sesuai tren dan kebutuhan mereka.

Salah satu fitur dan konten yang menjadi andalan untuk menarik para GenM adalah photo & video contest. Kontes yang sedang berlangsung saat ini adalah pemilihan “Duta Sariayu Hijab 2017”. Kontes tersebut melalui tiga tahapan, yakni photo contest yang diikuti sebanyak 680 peserta dan dikerucutkan menjadi 80 semifinalis untuk mengikuti video contest.

Di tahap selanjutnya, hanya tersisa 8 peserta untuk mengikuti blog competition. Pemenang kontes akan menjadi Duta Sariayu Hijab dan berkesempatan mendapatkan kontrak eksklusif dari portal DiaryHijaber dan Sariayu. 

“Konten lain yang cukup diminati GenM adalah motivasi islami. Untuk menciptakan konten yang menarik kami memuat artikel yang membahas permasalahan seputar anak muda, seperti hal galau atau percintaan dari sudut pandang Islam dengan menggunakan bahasa yang khas mereka,” jelas Suci.

Selain aktif dalam kegiatan online, DiaryHijaber dan Hijaber United rutin menggelar kegiatan offline yang seru dan bermanfaat. Di antaranya yaitu car free day, seminar bisnis, charity, fashion & beauty class, pengajian, dan meet, greet, and share.

Kegiatan besar yang menjadi agenda rutin DairyHijaber adalah Hari Hijaber Nasional yang diperingati tanggal 7 Agustus setiap tahunnya. Hari Hijaber Nasional dideklarasikan pada tahun 2016 oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang dalam hal ini bertindak  sebagai “Tokoh Muslimah Indonesia”.

komunitas hijaber
Hari Hijaber nasional 2016 dihadiri Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Sebelum hari puncak peringatan Hari Hijaber Nasional, diadakan pre event yang dikemas dalam bentuk amal dan aktivitas sosial di beberapa kota besar. “Kegiatan ini bertujuan membangkitkan semangat para hijaber di Indonesia supaya kembali menghidupkan nilai-nilai Islam, serta meluruskan persepsi yang salah tentang nilai-nilai Islam itu sendiri,” tandas Suci.

Dalam kegiatannya, DiaryHijaber tidak hanya melibatkan Hijaber United, tapi juga merangkul semua komunitas hijaber yang ada di Indonesia, di antaranya Risma (Remaja Islam Masjid) dan Riska (Remaja Islam Sunda Kelapa).

 

Moh. Agus Mahribi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.