Mengatasi Pinjaman Pribadi Dengan Konsolidasi Utang

0
2448

Mengatasi Pinjaman Pribadi Dengan Konsolidasi UtangPinjaman yang terlampau menumpuk membuat Anda pusing sendiri. Anda akan sulit menentukan pembayaran mana yang harus didahulukan. Ada cara untuk membuat pembayaran jadi lebih mudah dikontrol yaitu dengan konsolidasi utang. Apa yang dimaksud dengan konsolidasi utang dan apa yang harus dipersiapkan sebelum mengonsolidasi utang-utang Anda? Kami akan memberikan penjelasannya.

Apa itu konsolidasi utang?

Konsolidasi utang adalah penggabungan dari beberapa pinjaman menjadi satu pinjaman yang besar. Konsolidasi utang memungkinkan orang-orang dengan beberapa utang untuk menggabungkan semua pinjaman bunga tinggi menjadi satu pinjaman lebih besar yang menawarkan tingkat suku bunga relatif lebih rendah. Sehingga semakin banyak pinjamannya maka semakin rendah suku bunga yang dikenakan atas pinjaman tersebut. Konsolidasi utang bermanfaat sebagai penghemat ketika membayar bunga. Intinya, dengan mengonsolidasikan semua utang Anda ke dalam utang tunggal akan mempermudah Anda mengelola transaksi melalui satu pembayaran bulanan.

Langkah-langkah yang harus diperhatikan sebelum mengonsolidasi utang?

• Menciptakan gaya hidup keuangan yang sehat dengan cara mengetahui ukuran semua pinjaman jumlah pembayaran bulanan, lama pinjaman berakhir. Anda bisa mendata semua pinjaman yang harus dilunasi dengan perinciannya masing-masing. Melalui cara ini akan mempermudah Anda untuk mengelola transaksi dalam pembayaran bulanan sekaligus menentukan apakah perlu dilakukan konsolidasi atau tidak.

• Membandingkan total utang dengan pendapatan yang Anda miliki. Setelah mendata seluruh pinjaman beserta pendapatan bersih Anda maka hasilnya akan kelihatan. Berapa persen dari pendapatan yang harus dipakai untuk membayar utang. Apabila Anda masih memiliki cukup dana untuk menghidupi kebutuhan dalam sebulan maka tidak ada salahnya mengonsolidasi utang-utang Anda.

• Mendekati bank yang berbeda dan membandingkan masing-masing suku bunga yang ditawarkan, produk penawaran, syarat dan kondisi. Gunakan situs perbandingan untuk mempercepat proses ini. Ingat kembali tujuan Anda untuk melakukan konsolidasi ini adalah untuk mendapat tingkat bunga yang lebih rendah. Jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti kenyamanan dan fleksibilitas pembayaran pinjaman.

Pada intinya, sebelum Anda mengarahkan seluruh pinjaman pribadi ke dalam konsolidasi utang ingat baik-baik bahwa cara ini bukanlah solusi utama atas utang Anda. Konsolidasi merupakan penggabungan semua utang Anda ke dalam satu wadah. Apabila, pembayaran bulanan Anda saat ini di bawah pinjaman konsolidasi utang tampak lebih kecil, itu bisa terjadi karena jangka waktu pinjamannya lebih panjang, yang berarti Anda berpotensi bisa membayar bunga lebih besar dari yang sebelumnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.