Mengenal Manfaat Transfer Saldo Kartu Kredit

0
1179

shutterstock_159873338Ketika jumlah kartu kredit yang dimiliki semakin banyak dan beragam, frekuensi pemakaian kartu kredit pun meningkat. Dampak negatifnya adalah jumlah utang kartu kredit semakin banyak dan tersebar di beberapa kartu kredit. Jika Anda merasa lelah untuk melunasi utang kartu kredit beserta dendanya yang seakan tak ada habisnya, Anda mungkin mau mencoba untuk melakukan transfer saldo kartu kredit. Dengan melakukan transfer saldo kartu kredit, kemungkinan besar dapat menurunkan denda yang dikenakan terhadap sisa tagihan kartu kredit Anda. Lalu, apa sebenarnya transfer saldo kartu kredit itu, dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ini kami berikan penjelasannya.

Definisi Transfer Saldo Kartu Kredit
Seperti namanya, transfer saldo kartu kredit adalah proses memindahkan utang-utang kartu kredit Anda dari satu kartu kredit ke kartu kredit yang lain. Anda bisa memindahkan utang-utang tersebut ke kartu kredit dari penerbit yang sama atau ke kartu kredit dari penerbit yang lain.

Manfaat Transfer Saldo Kartu Kredit
Ada empat manfaat utama yang dapat diperoleh pemegang kartu kredit ketika melakukan transfer saldo kartu kredit, yakni:

1. Bunga lebih rendah
Anda pasti berpikir apakah bank tidak akan rugi apabila memberikan bunga denda yang lebih rendah apabila ada nasabah yang melakukan transfer saldo kartu kredit dari bank atau perusahaan kartu kredit yang lain. Kenyataannya, banyak bank dan perusahaan penerbit kartu kredit yang mendorong konsumen untuk melakukan transfer saldo kartu kredit. Tujuan utamanya jelas, yakni agar semakin banyak konsumen yang beralih menjadi nasabah bank tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, pihak bank mengiming-imingi bunga yang lebih rendah dibandingkan bunga yang diberikan oleh bank pesaingnya. Dengan begitu, konsumen akan diuntungkan, sebab dapat membayar tagihan kartu kredit dengan bunga yang lebih kecil.

2. Bunga 0%
Selain itu, beberapa bank atau perusahaan penerbit kartu kredit juga menawarkan periode bunga 0%, yakni utang kartu kredit Anda tidak akan dikenakan bunga sama sekali untuk periode tertentu. Hal itu hanya berlaku bagi konsumen yang telah melakukan transfer saldo kartu kredit. Periode bunga 0% itu dapat berlangsung selama beberapa bulan atau beberapa tahun. Dengan demikian, konsumen yang utangnya menumpuk dapat sedikit bernapas dalam melunasi utangnya.

3. Mengurangi jumlah kartu kredit
Bagi Anda yang memiliki banyak utang dan tersebar di beberapa kartu kredit, transfer saldo kartu kredit juga bermanfaat untuk mengurangi jumlah kartu kredit yang dimiliki. Anda tinggal memindahkan seluruh utang yang ada ke satu kartu kredit saja, setelah itu tutuplah kartu kredit yang lain setelah saldonya ditransfer. Selain menggabungkan seluruh utang ke dalam satu kartu kredit saja, tanggal jatuh tempo yang tadinya berbeda-beda pun menjadi sama di kartu kredit yang baru. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot lagi mengingat tanggal jatuh tempo di kartu kredit yang lama.

4. Manajemen utang kartu kredit
Dengan melakukan transfer saldo kartu kredit, utang Anda yang tadinya tersebar di beberapa kartu kredit pun berkumpul di hanya satu kartu kredit. Walaupun terkesan jumlah utangnya menjadi lebih banyak, tapi Anda memiliki waktu untuk mengatur kondisi keuangan Anda. Apalagi dengan bunga yang lebih rendah serta adanya periode bunga 0%, Anda memiliki kesempatan untuk melunasi satu per satu utang yang ada. Dengan demikian, keuangan Anda pun lebih teratur dibanding ketika harus membayar utang dalam tanggal jatuh tempo yang berbeda-beda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.