Mengokohkan Pemasaran dengan ‘Search Retargeting’

0
1171

Marketing.co.idSearch retargeting merupakan salah satu teknik retargeting paling cepat berkembang di tahun 2012.

Ketika para marketer mendengar kata “retarget”, mereka akan berpikir web retargeting, di mana Anda dapat menargetkan iklan kepada orang yang sudah pernah mengunjungi situs Anda.

Konsep search retargeting hampir sama dengan SEM (Search Engine Marketing). Apa yang membuat perangkat ini begitu penting dan bagaimana cara memulainya?

Dengan SEM, iklan akan muncul di halaman yang sama dengan hasil pencarian. Jika ditambah dengan search retargeting, prosesnya akan berlanjut dengan munculnya iklan display saat pengguna membuka situs. Iklan display ini muncul berdasarkan kata kunci yang dimasukkan.

Bagaimana memaksimalkan retargeting? Anda harus menyisipkan kode ke situs. Untungnya, Anda tidak perlu kuatir jika tidak tahu cara teknis untuk memasukkan kode tersebut karena Google telah meluncurkan tag manager yang membuat proses tersebut menjadi sederhana.

Google tag manager memungkinkan pemilik website yang tidak memiliki keahlian teknis untuk menyisipkan potongan kode pada layanan seperti retargeting quickly.

Anda hanya perlu meng-install Google tag manager. Setelah itu, layanan lainnya dapat dilakukan melalui interface Google tanpa perlu memiliki keahlian teknis.

Setelah Anda meng-install Google tag manager, saatnya untuk membuat akun retargeting. Ada banyak layanan retargeting di luar sana, salah satunya AdRoll.

Untuk memanfaatkan layanan ini, pertama pergi ke AdRoll dan buatlah akun percobaan gratis. Setelah selesai, layar pertama yang akan terlihat adalah “membuat halaman kampanye Anda.” Klik pada logo AdRoll di bagian kiri atas untuk melewati ini dan pergi ke dashboard utama.

Setelah Anda mengetahui search retargeting merupakan alat yang ampuh, langkah selanjutnya adalah mulai menggunakannya.

Iklan search targeting diatur dan dioptimasi dengan kata kunci. Seringkali dimulai dengan kata kunci dari akun PPC yang ada.

Setelah menemukan situs yang dianggap cocok untuk menempatkan iklan display, Anda akan melakukan bid untuk impresi iklan di platform bid yang familiar bagi Anda yang biasa menggunakan SEM.

Search retargeting tidak sesulit yang Anda bayangkan. Para marketer SEM yang belum menggunakan teknik ini – entah karena belum mendengar search retargeting atau mungkin enggan bereksperimen dengan iklan kreatif (display ads) – akan semakin jauh tertinggal.

Search retargeting kini semakin populer dan diprediksi akan terus meningkat di tahun 2013. Karena search retargeting merupakan faktor pendukung yang kuat untuk memasarkan di mesin pencari. (Sumber: Startupsmart Via  Toffeenet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.