Mengulik Strategi Online Marketing

0
1645
media sosial untuk bisnis
Strategi Online Marketing
Strategi Online Marketing

Agar bisa menjangkau sebanyak mungkin pelanggan, bisnis saat ini tidak lagi hanya bisa mengandalkan iklan media cetak, televisi, dan radio. Banyak bisnis yang telah bergeser jauh dari iklan ke strategi online marketing.

Web dan email telah membuka jalan baru bagi bisnis menuju pasar, potensi pelanggan dan klien. Meskipun bisa hadir dalam berbagai bentuk – seperti menampilkan iklan atau social media marketinginternet marketing adalah untuk mencoba dan membangun kesadaran merek dan menarik konsumen baru melalui internet.

Dunia internet terus berkembang sehingga banyak pilihan bagi bisnis untuk memasarkan kepada pelanggan. Berikut beberapa yang paling populer dari online marketing saat ini:

Affiliate Marketing

Jenis pemasaran ini adalah bisnis membayar orang lain atau perusahaan lain untuk mempromosikan produk dan layanan di situs mereka. Biasanya ini menempatkan iklan banner di situs lain dan dibayar berdasarkan jumlah pelanggan yang mengklik iklan dan melakukan pembelian.

Iklan display

Ini adalah jenis iklan online yang paling umum. Mirip dengan afiliasi, iklan display menempatkan iklan banner di situs-situs lain yang memiliki pengunjung yang mungkin tertarik dengan produk atau jasa bisnis. Iklan dapat tampil dalam berbagai ukuran dan format, termasuk video dan audio.

Email marketing

Email marketing adalah surat langsung versi online. Anda bisa mengirimkan pelanggan selebaran atau iklan. Bisnis memiliki berbagai macam pilihan tentang apa yang harus dikirim dalam kampanye email marketing, termasuk kupon, newsletter, undangan acara khusus, dan survei.

Inbound marketing

Inbound marketing menggunakan konten online seperti blog, media sosial, podcast untuk menarik pelanggan baru. Berbeda dengan outbond marketing, strategi ini berkisar tentang usaha membuat konten mereka sendiri yang mudah-mudahan menarik masuk para pembeli.

Iklan pay-per-click

Iklan ini juga dikenal sebagaia search engine marketing. Iklan pay-per-click adalah ketika menempatkan iklan bisnis di mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Iklan-iklan tersebut biasanya ditempatkan khusus di atas atau di panel samping yang dipisahkan untuk iklan berbayar.

Search engine optimization

Ini adalah bentuk iklan yang tidak berbayar alias gratis. Iklan ini dirancang untuk meningkatkan peringkat di search engine. Semakin tinggi peringkat bisnis, semakin besar kesempatan mereka dilihat pelanggan.

Untuk meningkatkan peringkat SEO website di mesin pencari, bisnis bisa menggunakan kata kunci di situs yang kemungkinan besar akan dicari pembeli, menghubungkan situs ke situs lain, dan memiliki link ke situs mereka serta menghasilkan sebanyak mungkin konten online.

Social media marketing

Strategi ini tentang mempromosikan bisnis melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, dan Instagram. Anda harus membuat laman khusus untuk bisnis dari setiap situs dan membuat konten yang menarik bagi para pengikut yang akhirnya dapat dikonversi menjadi pelanggan.

Sumber: BusinessNewsDaily | Editor: Wahid FZ, Sekar Ayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.