Menilik Keberhasilan Dibalik Kinerja GrabFood

Marketing – Laporan riset Google-Temasek terbaru menyebut bahwa nilai sektor pengiriman makanan di Asia Tenggara meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun ke tahun, dan diproyeksikan akan melewati USD20 miliar pada tahun 2025. Pasar makanan Indonesia kini sedang bergerak dipicu persaingan dua pemain utamanya di Indonesia Gojek dan Grab.

Di tengah meningkatnya persaingan itu, baik Grab dan Gojek berinvestasi besar-besaran dalam membangun program penghargaan dan loyalitas untuk mengikat dan mempertahankan pelanggan, sementara pada saat yang sama, mengeluarkan diskon dan promo untuk meningkatkan pesanan makanan.

Kameswara Natakusumah, pengamat teknologi dan bisnis digital di Jakarta mengungkapkan, GrabFood unggul dalam inovasi dan teknologi. ‘Dapur’ mereka sudah bekerja bahkan sebelum konsumen memesan. Maksudnya, dapur teknologi, bukan sekadar dapur tempat memasak makanan.

“Inovasi teknologi Grab terlihat dalam konsep dapur satelit GrabKitchen. Ini perpaduan antara kolaborasi antar-brand dan kecanggihan teknologi. Dengan konsep dapur delivery only, makanan lebih cepat disediakan dan di antar ke konsumen dalam jarak wilayah tertentu. Kurir juga tidak perlu mengantri seperti di restoran biasa. Ini sulit dikejar oleh pesaingnya,” papar Kameswara.

Terlebih, masyarakat juga tidak asing lagi dengan pemandangan serombongan kurir kiriman makanan dengan jaket hijau yang khas menunggu pesanan mereka disiapkan, mulai dari warung pinggir jalan hingga kafe di mal yang mentereng. Data-data kuantitatif mendukung pernyataan itu. Menurut penelitian pasar yang dilakukan oleh Kantar, GrabFood adalah platform pengiriman makanan yang paling sering digunakan di enam negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Pekan ini, GrabFood mengumumkan bahwa perusahaan itu telah menjadi perusahaan pengiriman makanan terbesar di Indonesia berdasarkan nilai barang bruto (gross merchandise value/GMV), serta meluncurkan menu pesanan berbasis data untuk konsumen dalam kemitraan dengan pedagang. Fokus pada pelokalan inilah yang telah mendorong GrabFood ke posisi terdepan.

“Dari Juni 2018 sampai Juni 2019, GMV GrabFood di Asia Tenggara tumbuh 900%. Pada paruh pertama tahun 2019 saja, Grab menyatakan GMV GrabFood di Indonesia meningkat tiga kali lipat,” ujar Kameswara yang kini mengembangkan ventura rintisan di bidang bioteknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.