Meningkat Tajam, Laba Bank Muamalat Meroket 316%

Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT Bank Muamalat Tbk mencatatkan pertumbuhan laba sebelum pajak (profit before tax) sebesar 316% secara year on year (yoy). Dalam laporan keuangan bank only (diaudit) tahun 2022, laba perseroan per 31 Desember 2022 tercatat senilai Rp52 miliar, meningkat lebih dari tiga kali lipat dari Rp12,5 miliar pada 31 Desember 2021.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Hery Syafril (kiri) berdiskusi dengan Direktur Bank Muamalat Karno (kanan) tentang kinerja perseroan tahun 2022 di Muamalat Tower, Senin, (20/2). Foto: ist.

Peningkatan laba yang signifikan tersebut ditopang oleh kenaikan pendapatan berbasis komisi (Fee Based Income/FBI) perseroan sebesar 95% (yoy) dari Rp560,5 miliar per 31 Desember 2021 menjadi Rp1,1 triliun pada akhir Desember 2022.

Aset persero per 31 Desember 2022 tercatat sebesar Rp61,4 triliun, tumbuh 4,2% (yoy) dari Rp58,9 triliun per 31 Desember 2021. Sementara itu, Bank Muamalat mampu menekan beban operasional sehingga efisiensi meningkat. Hal itu tercermin dari turunnya rasio Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dari 99,30% menjadi 96,62% per 31 Desember 2022.

Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Muamalat, Hery Syafril mengatakan, “Tahun 2023 perseroan mencapai raihan positif sebagai hasil transformasi untuk tumbuh sehat dengan profit yang berkelanjutan. Ada tiga implementasi yang akan kami lakukan pada tahun ini, antara lain optimalisasi dan penajaman potensi bisnis di segmen pembiayaan dan pendanaan, terutama segmen ritel. Penajaman strategi channel distribusi, baik jaringan fisik maupun jaringan digital dan pengembangan organisasi dan sumber daya manusia.

Total modal Bank Muamalat per 31 Desember 2022 tercatat sebesar Rp6,97 triliun atau meningkat sebesar 34,4% dari periode sebelumnya yang sebesar Rp5,19 triliun. Pada Agustus 2022 Bank Muamalat mendapatkan peringkat (rating) idA+ dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dengan prospek perusahaan adalah stabil. Peringkat ini juga berlaku untuk surat berharga syariah atau Sukuk Mudharabah 2021.

Sepanjang tahun 2022, Muamalat telah melakukan optimalisasi jaringan kantor cabang sebanyak 235 dan jaringan ATM sebanyak 493. Berbagai pengakuan dari pihak eksternal dan independen dalam hal kinerja, transformasi digital, pelayanan prima, dan human capital, telah didapatkan pada tahun lalu.

Bertransformasi menjadi lebih modern, pioner bank syariah di Tanah air ini, telah memiliki aplikasi Muamalat Digital Islamic Network (DIN) untuk nasabah perorangan dan sebanyak 90% nasabah Muamalat DIT telah menggunakannya. Selain aplikasi Muamalat DIN, untuk nasabah korporasi bisa mengakses internet banking Muamalat Digital Integrated Access (MADINA).

Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.