Menjadi Mood Booster

Menjaga mood karyawan memang agak sulit, pasalnya Anda tidak selalu mengerti apa yang membuat mood mereka turun. Bisa karena masalah di kantor seperti suasana yang buruk atau fasilitas yang kurang memadai, bisa juga karena ada masalah keluarga. Untuk itu, diperlukan adanya Mood Booster. Dan sebagai atasan, Anda wajib melakukannya.

Mood Booster adalah seseorang yang dapat meningkatkan mood kerja karyawan, atau setidaknya menjaga mood mereka tetap normal. Entah karena target yang terlalu tinggi, deadline yang semakin mengejar, kurangnya sumber daya, atau masalah pribadi yang sedang menghampiri.

Mood_booster

Berikut adalah 5 hal yang perlu diterapkan agar mood karyawan tidak memburuk:

     1. Menghormati

Meski mereka adalah bawahan Anda, saling mernghormati sangat penting untuk dimiliki, terutama jika ingin menjaga hubungan jangka panjang. Beri juga karyawan Anda wawasan mengenai dasar – dasar pengetahuan, pengalaman, keterampilan, kepribadian, serta kepercayaan mumpuni di bidang yang Anda geluti. Hal tersebut akan menunjang mereka dalam pekerjaan yang akan dijalankan.

     2. Visi

Meski karyawan hanya bekerja sesuai keinginan atasan, tapi sangat penting untuk memiliki visi yang sama. Ini akan membuat sebuah hubungan yang saling mengerti. Bawahan akan mengerti mengapa atasan memberi target agak tinggi, atasan juga akan mengerti  tentang kebutuhan karyawannya. Jadi tak ada alasan untuk membuat mood di kantor turun.

     3. Komunikasi

Apa yang paling penting dalam menjaga hubungan pribadi kalau bukan komunikasi? Dengan komunikasi, Anda jadi mengerti berbagai keluhan, dengan komunikasi Anda bisa tahu apa yang terjadi, dan dengan komunikasi Anda juga bisa menyampaikan serta mendengarkan pendapat.

     4. Seimbang

Selain untuk membuat pikiran Anda tetap fresh, menjaga keseimbangan antara kerja keras dan bersenang – senang bersama juga akan membuat hubungan Anda semakin kuat. Dengan demikian, mood Anda dalam pekerjaan pun akan lebih stabil.

     5. Apresiasi

Tidak perduli seberapa stress karyawan Anda menghadapi pekerjaan, dengan memberikan apresiasi, mereka akan merasa lebih dihargai. Adanya bonus juga akan membuat Anda dapat menetapkan target lebih tinggi dengan bonus yang lebih besar juga tentunya. Semangat serta tantangan inilah yang akan menjadi Mood Booster para karyawan.

Suasana kerja dan hubungan antar karyawan sangat mempengaruhi mood. Jadi sangat penting untuk memperbaiki kedua hal tersebut.

 

 

Sumber

Tulisan: PRDaily.com

Foto: ShutterStock

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.