Menjual Solusi dari Fitur Produk

www.marketing.co.id – Wanita karir butuh perawatan kulit demi menjaga penampilan. Ristra mengeluarkan produk khusus bagi wanita yang memiliki daya beli lebih besar ini.

Mengutip hasil survei yang dilakukan Nielsen pada tahun 2010, khususnya untuk produk kecantikan, ada peningkatan dalam penjualan produk kecantikan sebesar 11%. Nilai tersebut lebih tinggi daripada penjualan barang fast moving consumer goods. Penjualan produk pelembab dan pembersih wajah yang menyasar kalangan premium mengalami kenaikan sebesar 18% dan 15%.

Sedangkan dari sisi pengguna produk premium, pastinya diperlukan perhatian lebih dibanding produk reguler karena mereka cenderung berorientasi pada kinerja produk, kualitas, dan kenyamanan penggunaan—terlebih lagi pada produk perawatan kulit dan kosmetik.

“Dari perspektif di atas, kami melalui Ristra Platinum menaruh perhatian besar untuk lini produk skincare dan moisturizer, yang juga merupakan produk pareto untuk kami. Apalagi, potensi peningkatan pengguna produk kecantikan kelas premium masih besar,” kata Iwan Alfarizi, National Marketing Manager, Ristra Group.

Ristra Platinum merupakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang fokus ke jenis perawatan anti-aging dan mewakili kulit iklim tropis. Iwan menambahkan, saat ini, konsumen pun sangat aware mengenai kualitas perawatan dan kesehatan kulit, terutama untuk menunda proses penuaan dini. Hal ini menjadi perhatian Ristra Platinum dalam memberikan perawatan dan perlindungan untuk kulit dengan kandungan material antiaging bagi kelas hi-end.

“Konsumen hi-end pastinya erat dengan hal yang bersifat personal, sehingga bentuk approach dan layanan yang dilakukan juga personal. Beberapa pendekatan yang kami lakukan adalah memberikan edukasi kepada konsumen, antara lain edukasi terkait kesehatan kulit untuk menunda penuaan dini,” imbuh Anthon Yuniananto, Brand Manager Platinum & Trustee, Ristra Group.

Anthon menambahkan, hal tersebut dilakukan melalui frontliner (beauty consultant) di outlet Platinum dan Ristra. Selain itu, ada juga fasilitas pelayanan konsumen melalui jaringan House of Ristra yang dapat membantu konsumen melalui berbagai treatment dan pengobatan terkait masalah kulit yang dialami konsumen.

“Kami tidak menjual produk, tetapi menjual solusi. Produk kami memiliki beberapa fitur unggulan, antara lain zat aktif grape seed extract yang lebih baik, yakni 50 kali lipat dari vitamin E dan 20 kali lipat vitamin C. Selain itu, kami juga memiliki teknologi Nanotope, yakni transporter yang membantu mengantarkan zat aktif ke dalam lapisan kulit terdalam sehingga zat aktif bekerja maksimal,” papar Anthon.

Hal senada pun diutarakan Iwan, harga yang dibanderol dan kualitas dari Ristra Platinum sepadan untuk segmen yang dibidik. Pastinya, harga tersebut pun selaras dengan mutu dan layanan yang diberikan.

“Selain itu, kami juga melakukan kegiatan below the line melalui customer gathering, institusi, dan community. Bahkan, kami pun melakukan sponsorship dan co-branding dengan media untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal,” kata dia.

Iwan pun menegaskan bahwa Ristra Platinum secara rutin menyampaikan informasi dan edukasi kepada konsumen melalui media cetak, radio, dan online media. Namun, memang fokus terbesar terletak pada online media—terutama media sosial yang mampu membantu proses interaksi secara langsung dengan konsumen sehingga merasakan keterikatan dengan Ristra Platinum.

“Kegiatan online marketing pun menjadi titik berat kami saat ini. Kami memberi perhatian khusus agar dapat lebih berkembang. Adapun beberapa aktivitas yang kini berjalan antara lain online campaign di Facebook, Twitter, dan situs www.belanjaristra.com yang merupakan online shopping kami,” imbuh dia.

Apalagi peran internet tak terpisahkan dari aktivitas pemasaran. Anthon mengatakan, keberadaan internet membantu penjualan dalam hal men-deliver pesan dan edukasi kepada konsumen, sehingga keterikatan antara produk dan konsumen tetap terjaga. Dia mengungkapkan, online media memudahkan interaksi secara langsung, memberikan layanan personal, dan memberikan input seputar perilaku konsumen.

Sedangkan untuk kegiatan above the line, Anthon menambahkan, secara reguler Ristra Platinum melakukan placement berupa print ad serta advertorial yang bersifat edukatif di majalah hi-end bertema kecantikan, lifestyle, dan fashion. Selain itu, dilakukan juga aktivitas di televisi dan radio melalui educative campaign berupa talk show bertema kesehatan kulit.

Ketika disinggung soal biaya yang dikeluarkan untuk promosi, Iwan menuturkan hal tersebut bisa dikatakan relatif jumlahnya. Ini tergantung dari proporsi penggunaan pada saat tertentu dan area yang ingin dicapai. Begitu juga biaya investasi khusus untuk teknologi. Apalagi, kini banyak pilihan dan kualitas teknologi yang ditawarkan.

“Satu yang terpenting bahwa Ristra Platinum memiliki pertumbuhan yang baik. Ini terjadi karena konsumen merasa kinerja produk kami dapat menjawab kebutuhan perawatan kulit. Untuk itu, kami pun menetapkan standar kualitas kepada sumber daya manusia, terutama para frontliner,” tegas Iwan.

Anthon pun menambahkan, sebab itu Ristra Platinum selalu meningkatkan availability produk sehingga lebih dapat menggapai konsumen. Tentunya, fokus utama terletak pada modern trade, department store, dan jaringan House of Ristra. Sejauh ini, Ristra memiliki 33 jaringan House of Ristra dan Ristra Care Center di seluruh Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.