Tips Menyampaikan Berita Buruk ke Pelanggan

Marketing.co.id- Menyampaikan berita buruk kepada pelanggan bukanlah tugas yang mudah. Namun, terkadang situasi seperti ini harus dihadapi oleh banyak pebisnis tentunya dengan rasa empati dan professional.

Berikut adalah lima strategi untuk menyampaikan berita buruk dengan kasih sayang.

Katakan yang sebenarnya

Orang cenderung takut untuk menyampaikan sesuatu yang mereka sendiri tidak mengerti. Posisikan diri anda dari sudut pandang pelanggan dalam situasi tersebut. Berikan informasi sebanyak mungkin tentang siapa, apa, kapan, di mana dan mengapa.

Tempatkan diri anda sebagai pelanggan

Agar mereka tidak merasa khawatir dengan berita buruk yang akan anda sampaikan, tempatkan diri anda sebagai pelanggan. Mereka yang khawatir bahkan mungkin marah pada berita buruk tersebut dan itu bisa memengaruhi mereka (atau perusahaan) secara pribadi, jangan biarkan mereka menebak-nebak, berikan mereka penjelasan dan semua fakta.

Hargai perasaan mereka

Jangan mengabaikan perasaan mereka, biarkan mereka curhat. Emosi negatif mereka harus anda tangani terlebih dahulu sebelum anda merencanakan sebuah tindakan yang positif.

Bertanggung jawab

Rencanakanlah sebuah rencana yang akan anda atau perusahaan ambil secara spesifik.

Pantau terus

Buatlah prioritas anda untuk melacak kemajuan pada permasalahan pelanggan dalam perusahaan anda. Sering-seringlah membuat laporan ke pelanggan sampai situasinya benar-benar terkendali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.