Meraih Sukses dengan Keluar dari Zona Nyaman

0
2387

outsidecomfortzone

Ketahuilah, para pengusaha hebat tidak pernah merasa puas dengan kenyamanan. Mereka berani mengambil risiko atu mendorong batas kemampuan mereka sendiri untuk mencari cara agar bisa lebih besar dan besar lagi.

Setiap orang memiliki apa yang disebut “zona nyaman” – mental Anda memiliki keterbatasan di mana Anda memiliki rasa aman secara emosional dengan pekerjaan ataupun dalam mengambil sebuah keputusan.

Perbedaan antara orang sukses dari yang lainnya adalah apa yang mereka lakukan dengan zona kenyamanannya.  Ada orang yang sudah merasa nyaman dan bahagia dengan zona nyaman yang telah mereka bangun. Ada juga orang yang terus-menerus mendorong dan menguji batas-batas mereka.

Sebenarnya, zona nyaman bukanlah hal yang buruk juga. Itu ada karena sebuah alasan: untuk melindungi kita. Zona nyaman juga dapat melindungi kita dari stres dan rasa cemas yang belum siap kita hadapi.

Namun, pada akhirnya rutinitas yang akrab dengan zona nyaman hanya akan membuat Anda malas belajar, merasakan hal-hal baru yang lebih berpotensi bagi kita. Zona nyaman kemungkinan juga akan mencegah Anda membangun bisnis berkembang.

Sekarang saatnya bagi Anda untuk mencoba langkah berikut untuk keluar dari zona nyaman dan melihat dunia Anda tumbuh:

Terimalah bahwa Anda kurang sempurna

Apakah Anda takut dengan apa yang mungkin orang lain pikirkan? Atau justru tak peduli?

Biasanya kita ciptakan “aturan” tentang bagaimana berperilaku sehingga orang lain akan menerima kita.

Lakukan sesuatu yang menyenangkan, seperti menari di department store atau benyanyi di tempat karaoke. Hentikan ilusi tentang kesempurnaan.

Melawan rasa takut

Jadi, apa sebenarnya yang membuat Anda takut? Buatlah daftar dari apa yang Anda takutkan. Meliputi segala sesuatu mulai dari takut laba-laba sampai kehancuran keuangan. Kemudian buatlah rencana untuk menghadapi ketakutan itu satu per satu.

Cari teman

Ada banyak hal yang tidak bisa kita lakukan sendiri. Apakah ada sesuatu yang ingin Anda lakukan tapi tidak bisa dilakukan sendiri? Carilah teman untuk mewujudkannya.

Lepaskan dan menerima

Ketika berada di zona nyaman, biasanya Anda berada dalam sebuah ruang yang sudah dapat diprediksi: Anda biasanya tahu persis apa yang akan terjadi. Rasa takut yang berlebihan akan membuat Anda terjebak selamanya. Jadi triknya adalah melepaskan harapan Anda dan menerima hasilnya apapun itu – mengambil risiko dalam jumlah yang terukur.

Misalnya, jika Anda sedang merancang sebuah program baru atau meluncurkan sebuah produk baru lakukanlah dalam jumlah kecil dulu. Jangan dalam jumlah besar, karena ada risiko kehilangan semuanya.

Kerugian ini akan mengajarkan Anda sesuatu seperti bagaimana membuat produk yang lebih baik atau cara berbeda untuk memasarkannya. Nantikan hasilnya, apapun itu.

Bergaul dengan orang yang berbeda

Kita sering kali memilih teman atau rekan karena memiliki kesamaan. Lakukan sebaliknya, cobalah menemukan seseorang yang lebih gila dari Anda.

Memilih orang yang berbeda dari kita akan membuat sisi petualang kita keluar. Berpikirlah terbuka dan mengamati manfaat menjadi lebih berani.

Bayangkan keberhasilan Anda

Jika bersedia menghabiskan beberapa menit dari setiap hari yang Anda jalani untuk memvisualisasikan kesuksesan, Anda akan lebih bersedia mengambil risiko. Biarkan otak Anda istirahat dan melamun sejenak dan Anda akan kagum pada hasilnya.

Itulah enam cara keluar dari zona nyaman versi kami, bagaimana dengan versi Anda? Beritahu kami dalam kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.