Meraup Miliaran Rupiah dari Gunung Sampah

42
9841

sampah_01Marketing.co.id – Peruntungan bisnis bisa datang dari mana saja, salah satunya limbah plastik. Dengan ketekunan dan sikap pantang menyerah, Muhammad Baedowy mengolah limbah plastik, membentuk jaringan mitra, lalu mengekspor produknya. Miliaran rupiah pun mampu diraup dari bisnis ini.

Ketika membeli suatu produk, biasanya kita hanya mengambil isinya. Bungkus lalu dibuang. Jarang ada orang yang berpikir untuk memanfaatkannya. Padahal, jika kita mampu melihat dari mata wirausaha, kemasan itu dapat menjadi peluang besar.

Awal Maret lalu, redaksi Majalah MARKETING mendatangi pabrik pengumpulan dan daur ulang sampah. Lokasinya di Jalan Raya Cimuning, Kecamatan Mustika Jaya, Bekasi.

Puluhan karung berukuran besar berisi barang bekas berjejer di sisi kanan dan kiri jalan. Meski dikelilingi timbunan “sampah”, tak tercium bau menyengat.

Sudah hampir 13 tahun Mohammad Baedowy (40) berkecimpung “mengurusi” limbah plastik di bawah bendera CV Majestic Buana. Dalam setahun, miliaran rupiah bisa dikantongi dari bisnis yang produknya sudah diekspor ke Cina ini.

Risiko Banting Setir

Keberhasilan Baedowy bukan tanpa proses panjang. Pria kelahiran Balikpapan, 2 April ini memutuskan menjadi pengusaha lantaran krisis ekonomi di Tanah Air, beberapa tahun silam. Selain itu, ia juga ingin memperoleh kemampuan finansial yang tak terbatas, serta membuka lapangan pekerjaan.

Mantan auditor di Royal Bank of Scotland ini bahkan pernah menjajal peruntungan bisnis dengan menjual jangkrik dan cacing. Banyak kegagalan yang ditemui dan Baedowy tak mendapatkan keuntungan dari usahanya itu. Hingga ia memutuskan untuk berbisnis minim risiko.

Ide tentang sampah ia dapatkan ketika melihat aktivitas para pemulung. Tak malu, Tokoh Pilihan Terbaik Majalah Tempo 2009 ini pun ikut mengumpulkan botol-botol bekas. Botol per botol dipisahkan menurut warna dan jenisnya, dicacah, dan dijual. Kegiatan tersebut terus dilakoni setiap hari.

“Saya melihat pemulung, dari situ muncul ide untuk membuat usaha daur ulang sampah. Bila dibanding dengan usaha makanan, kalau tidak laku, basi. Kalau usaha buah-buahan tidak laku, busuk. Ternak risikonya mati. Kalau sampah plastik tidak ada risikonya,” ungkap dia.

BaedowyDi awal bisnis, Baedowy menggunakan mesin buatan pabrik lain, dan hasilnya dikirimkan kepada seorang rekan untuk memenuhi permintaan ekspor. Tak lama berselang, usaha Majestic Buana yang ia dirikan terpaksa terhenti karena kerusakan mesin produksi. Plakat “Pabrik Dijual” pun sempat terpasang.

Berkat dukungan sang istri, Ajeng Ririn Sari, Baedowy berhasil bangkit dari keterpurukannya.

Hanya membutuhkan waktu satu tahun, sarjana ekonomi yang tak berbekal ilmu teknik ini akhirnya berhasil membuat mesin pencacah. Ia mulai kembali dari awal; memisahkan limbah botol plastik sesuai warna dan jenis, kemudian mencacahnya. Hasil berupa serpihan plastik kemudian dikeringkan.

Peraih Dji Sam Soe Award 2009 ini sengaja mendesain mesin yang bisa berputar dengan kecepatan tinggi, mirip pengering mesin cuci. Setelah serpihan tersebut dikeringkan kembali dalam oven, barulah siap dijual.

Di Cina, produk ini akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan benang polyester. Bahan bakunya didapat dari sampah botol plastik minuman jenis PET (polyethylene terephthalate). Sementara limbah gelas plastik minuman jenis PP (polypropylene) digunakan sebagai bahan baku pembuatan tali rafia.

Selain memenuhi permintaan ekpor, ia juga membuat produk daur ulang sendiri. Botol plastik oli didaur ulang untuk dijadikan lokop sapu.

“Ternyata janji Tuhan itu benar. Di balik kesulitan itu ada kemudahan. Dari situ, saya malah bisa memproduksi banyak mesin,” ungkapnya.

Jaringan Mitra Usaha

Kesuksesan finansial Baedowy jika dihitung di atas kertas cukup menggiurkan. Dengan mesin buatannya, ia bisa mendapatkan hasil olahan sebanyak tiga ton sehari. Dalam sebulan, juara Industri Hijau Tingkat Nasional 2009 itu mampu meraup miliaran rupiah dalam setahun.

sampah_02Seakan tak ingin sukses sendirian, ia mengakomodasi permintaan masyarakat yang juga ingin sukses seperti dirinya. Jaringan mitra kerja yang ia bentuk sudah menyebar dari Aceh hingga Papua.

Kepada mitra, peraih Soegeng Sarjadi Award on Good Governance 2010 ini menjual tiga jenis mesin penggiling. Harga tiap mesin berkisar Rp33 juta hingga Rp47 juta. Kini, ada 100 mitra yang dia miliki.

“Siapa pun yang mau usaha seperti saya, saya siap ajarkan. Ilmunya akan saya kasih semua. Mulai dari bangunan, pelatihan, dan hasilnya wajib saya beli. Saya pastikan ada buy back guarantee,” janji Baedowy dengan suara tegasnya.

Membagi 90% Laba

Berhasil menjadi pengusaha sukses, bagi Baedowy tidak bisa dijalankan seorang diri. Ia menilai, kesuksesan bisa didapat karena peran serta para karyawannya.

Peraih Piagam Kalpataru 2010 ini berjanji, tepat di tahun 2018 akan membagi rata 90% keuntungan yang ia terima dari pabrik untuk seluruh karyawan, dengan minimal masa kerja 5 tahun. Dengan cara ini ia berharap dapat terus menyejahterakan karyawan, dan juga membuat manajemen keuangan perusahaan transparan.

Karena kepiawaiannya, BBC Indonesia kerap menggandeng Baedowy untuk memberikan pelatihan wirausaha di seluruh Indonesia. Peraih penghargaan Indonesia ASEAN Young Green Soldier Award 2011 ini pun punya satu prinsip hidup. Ia yakin, jika seseorang mengerjakan sesuatu dengan tekun, hal kecil akan mendatangkan peluang besar.

“Jangan kamu ingin cepat dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan besar. Karena pekerjaan itu jarang kamu temukan. Yang sering kamu temukan adalah pekerjaan-pekerjaan kecil. Bagaimana kamu bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan besar kalau yang kecil saja kamu tidak terlatih. Sekecil apa pun pekerjaan, itu datangnya dari Tuhan. Lakukanlah dengan sungguh-sungguh pekerjaan yang kecil itu dengan hati suci,” pesannya.

Yenny Hardiyanti
Fotografer: Lilyanti

42 COMMENTS

  1. saya sangat tertarik dengan usaha yang bpk jalani dan saya mau ajukan kerjasama dengan bpk meskipun saya belum pengalaman dalam usaha ini. tolong dikonfirmasi berapa biaya yang harus saya sediakan. terimakasih.

  2. saya tertarik dengan bisnis anda. sy memiliki lokasi di bogor, daerah cimahpar, luas 200meter. mohon diinfokan biaya peralatan yg hrs sy beli dan sistem kerjasamanya. trmksh….
    wassalam….

  3. hai pak Baedowy. saya tertarik menjadi mitra bapak.
    kalau boleh saya sangat mau menjadi mitra..
    bagaimana saya bisa menghubungi bapak untuk menjadi mitra.
    terima kasih. dari andri di palembang

  4. saya tertarik dengan usaha kemitraan bapak,dan saya pengen bermitra,kebeutulan beberapa tahun ini tidak ada kegiatan,ada solusinya .modal saya sangat terbatas

  5. saya tertarik dgn bisnis daur sampah plastik, bisa saya survey perusahaan bapak? dan ber synergi setelahnya

  6. Menarik sekali bisnis ini,mohon infonya dimana sy bisa survey di daerah semarang yg sdh bermitra dg bapak,.-̶•̸Ϟ•̸Tнªηк’γºu•̸Ϟ•̸-̶••. Infonya

  7. saya tertarik dengan usaha pemecahan plastik ini , brp dana yg harus saya sediakan dan bagaimana agar saya bisa bekerjasama dengan bapa , mohon dibalas !

    • ass.. insyaAllah orang tua saya akhir tahun ini mau mencari peluang usaha daur ulang plastik. dan mau membeli mesin penghancur plastik. kami belum ada pengalaman mengenai usaha tersebut
      saya mau minta alamat perusahaan bapak mau belajar dan semoga bisa bermitra. terimakasih.

      • Ass. Kami dari timika papua mau menawarkan kerjasama. kita punya cacahan plastik ditimika tapi belum punya penyuplay. kita berharap bisa mendapatkan pabrik yang bisa kerja sama. besar harapan kami untuk kerja sama karna kebetulan kami baru membuka pencacahan daur ulang plastik area timika papua. jika bisa kerjasama bisa hubungi 085242085756. dan kami akan mengajukan berkas perusahaan kita melalui email. makasih atas perhatiannya

  8. Salam.
    Kami ucapkan terimakasih sudah menghubungi kami.
    1. Kami MEMBUAT mesin, MEMASANGKAN di seluruh Indonesia, MELATIH langsung di lokasi Mitra, menjamin MEMBELI 100% SELURUH HASIL produksi Mitra.
    2. Kami sangat senang jika berkenan datang ke pabrik kami. Agar dapat kami jelaskan semuanya secara detail, mengenai modal, analisa usaha, dll. Sambil melihat karyawan kami bekerja. Karena kami bukan sekedar menjual mesin saja, tapi juga ingin berbagi ilmu & pengalaman bisnis daur ulang.
    3. Waktu kami bisa bertemu tamu hari Rabu, Kamis, Jumat & Sabtu (Minggu libur). Jam menerima tamu 09:00-11:00 siang.
    4. Jika belum ada waktu untuk datang, silahkan kirim pertanyaan ke email : [email protected]. Akan dikirim harga mesin, analisa usaha, dll.
    Telp. 021 7020 1859. HP : 0811 150 9191, 0815 1403 8689. Sampai bertemu. Terimakasih.
    ”Sukses adalah hukum alam bagi orang yang fokus ”. (Baedowy)

  9. Assalamualaikum Pak Baedowy, saya tertarik sekali menjalin kemitraan dengan bapak. Saya domisili di Tulungagung. Saya mempunyai bidang tanah yang saya kira cukup untuk memulai bisnis kemitraan dengan Bapak. Bagaimana caranya saya menghubungi Bapak,,dan kira2 berapa modal yang harus saya siap kan untuk membeli peralatan dan mesin yang dibutuhkan untuk produksi. Mohon bimbingannya,. Terimakasih

  10. saya tertarik dan minat sekal dgn usaha ini, didaerah sekitar kami banyak pengepul limbah plastik. Dengan modal terbatas bagaimana jalan keluarnya, terimakasih.

  11. Bapak muhammad Boedawi yth.
    saya sangat tertarik dengan usaha yg bapak tekuni .saya pengen bermitra usaha dengan bapak . bagai mana caranya untuk mendapatkan info bermitra
    saya ucapkan terima kasih

  12. assalammualaikum, saya sangat berminat sekali bermitra dengan bapak, saya akan berkunjung ke lokasi pabrik bapak, trima kasih.

  13. Ass…sy butuh deiniator atau guide post (pengaman jalan ) yang terbuat dari bahan plastik mohon infonya bilamana ada mitra bapak yang tahu dimana pabrik plastik yang memproduksi bahan tersebut, trima kasih

  14. salam kenal pak,
    saya tertarik dengan usaha ini….sedikit tanya,berapa harga mesin pengolah limbah plastik tsb..dan cara menjadi mitra bapak..tolong di informasikan lewat email saya..trims

  15. Assalamualaikum Pak Baedowy, saya tertarik sekali menjalin kemitraan dengan bapak. Saya domisili di klaten deket perbatasan yogyakarta. Saya mempunyai bidang tanah yang saya kira cukup untuk memulai bisnis kemitraan dengan Bapak. Bagaimana caranya saya menghubungi Bapak,,dan kira2 berapa modal yang harus saya siap kan untuk membeli peralatan dan mesin yang dibutuhkan untuk produksi. Mohon bimbingannya,
    soalnya saya dusah nganggur 3 tahun

  16. ass. Pak Baedowi, sy ibnu di lampung, tertarik bisnis dalam bidang limbah plastik, kira kira kalau sy mau belajar dg bapak gmana caranya, dan untuk lampung sudah ada mitra bapak atau belum, mohon infonya. no. hp 0815 41057500

  17. Assalamualaikum,
    Pak saya tertarik menjalin kemitraan dengan bapak, mohon info untuk memulai usaha ini …saya berdomoisili di balikpapan..

    salam
    Dedy HS

  18. salam sejahtra,,
    perkenalkan saya m widiawan dari lampung,saya tidak ingin tetapi saya mau bermitra dengan bapak,,
    mohon bimbingan dalam bidang usaha ini pak,,trimakasih
    hp 082373292945

  19. saya sangat tertarik dengan bisnis yang sedang anda lakukan ,dan ingin bermitra dengan anda semoga suat saat saya akan mengunjungi anda trim,Edison napitupulu,dari DURI RIAu

  20. Saya Ano Sumarno dari Majalengka, sebentar lagi majlengka akan menjadi kota. sehubungan dengan itu saya sangat tidak berharap majalengka menjadi lautan sampah. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan di UNMA prodi bahasa dan sastra Indonesia. Saya sangat berharap bisa menjadi mitra dengan Bapak, tapi saya tidak cukup modal untuk itu, karena biaya kuliah saya juga hanya mengandalkan beasiswa.

  21. Salam kenal Pak Mohammad Baedowy.
    Saya sangat tertarik untuk bermitra dengan Bapak. Posisi saya di Pontianak (Kalimantan Barat).
    Apabila Bapak berkenan menyetujui permintaan saya, mohon Bapak hubungi saya.
    Terima kasih.

    Hp : 085252598507

  22. selamat malam pak baedowy…saya baru mau terjun k dunia usaha dan tertarik dengan usaha pencacah biji plastik yang bapak utarakan.
    kalau berkenan saya ingin berkunjung ke pabrik/kantor bapak oleh sebab itu ingin meminta alamat pabrik nya.
    di samping itu saya juga ingin meminta pricelist harga mesin pencacah plastik dari bapak…terimakasih atas waktu nya.

  23. Saya tertarik dengan usaha yang dijalankan Bapak, tahapan awal apa yang harus saya lakukan untuk memulai usaha ini karena saya awam dengan usaha ini dan berapa harga mesin tsb sekalian memasang untuk daerak kalimantan selatan, mohon infonya.tks

  24. selamat malam mas saya tertarik dengankemitraan bapak saya di purworejo mohon petunjuknya pak
    26B4980F

  25. Pak Baedowy, saya sangat ingin sekali belajar ditempat Bapak untuk mengetahui secara langsung, sekitar 2 minggu kalau diijinkan dan diperkenankan. Karena saya sangat ingin sekali melakukan bisnis ini dan menjadi mitra Bapak. Terimakasih.

  26. selamat pagi dan salam sukses selalu pak Baedowy.

    Saya tertarik untuk belajar bisnis sampah plastik ini.
    Namun saya masih bingung harus mulai darimana dan bagaimana cara kerja nya serta metode kerjasama dengan Bapak,,
    Saya mohon arahan dari Bapak,
    email saya : [email protected]
    No. Hp : 082388003800

    Saya beralamat di Sumatera Utara Kab. Asahan.
    Mohon dibantu Pak.

    Terimakasih.

  27. buat pak iwan kelaten
    klo bapak ingin buat line produksi recycling plastic, dari mesin crusher, mesin cuci 1,mesin cuci 2,mesin drayer,mesin cyclone,dan extruder peletizing, silahkan hub Ferdinan 087856565501,posisi di kaliurang jogja.

    • Ass Wr Wb, Perkenalkan nama saya Slamet, berdomilsili di Kediri, Jatim. Mohon informasi bagaimana saya dapat belajar bidang usaha daur ulang plastik yang didalami bapak. Apakah ada training yang harus dihadiri, jika ada, kapan dan dimana ? Apakah bapak mempunyai mitra kerja di Jatim yang dapat dikunjungi ? Apakah produk hasil cacahan dapat dibeli semua oleh bapak ? Berapa harga mesin saat sekarang ?
      Wass Wr Wb.

  28. Saya tertarik sma bisnis ini, kbtulan sya lagi cari biji plastik jenis pc recykle untuk export dengan order 50ton/hari..
    Bila ada info langsung kontek sya
    085759285897

  29. assalamualaikm pak
    saya tertarik pengen buka usaha ini, sy cm punya lahan n tidak tau gmn desain ruangan tmpt mengolahnya.. mhon infonya pak, n mohon pencerahannya.. smoga bpk sehat n sukses selalu. tlng info lengkap tentang pengolahan untuk pemula
    [email protected]

  30. Assalamu’alaikum pak . Saya yasin dr Madiun. Saya tertarik ingin mencoba proses dari usaha ini, dan menggeluti usaha ini.Boleh saya minta nomor HP bpk. Ini no HP saya 085730828431. Atau e-mail : [email protected]. Terima kasih. Saya berharap bisa ikut serta dalam training yang bpk sediakan.

  31. Assalamualaikum wr. wb…
    Pak Baedowy, ni saya ASIANTO, saya tinggal di kabupaten Ketapang kalimantan barat, saya tertarik ingin membuka usaha di bidang pengolahan sampah, dan menjadi mitra perusahaan bapak, mohon informasi selanjutnya dan selengkapnya. Terima kasih
    Wassalamualaikum.

  32. Apakah bisa jika sekolah kami mendapatkan pelatihannya serta bekerjasama dalam penjualannya karena sekolah kami sudah memiliki satu mesin pencacah.

  33. JIKA TERTARIK DENGAN TEKHNOLOGI KAMI YAITU ALAT UNTU MENGOLAH LIMBAH PLASTIK MENJADI BBM BISA HUB SAYA DI 085719272284 ,DENGAN PAK BASIR DI BEKASI , PLASTIK YANG DIOLAH JENIS BOTOL PLASTIK DAN KANTONG KRESEK YANG TIDAK MENGANDUNG PVC DAN ALUMUNIUM OIL

  34. Ass Wr Wb, Perkenalkan nama saya Alfred Yoza, berdomilsili di Sungai Penuh-Kerinci-Jambi. Mohon informasi bagaimana saya dapat belajar bidang usaha daur ulang plastik yang didalami bapak. Apakah ada training yang harus dihadiri, jika ada, kapan dan dimana ? Apakah bapak mempunyai mitra kerja di Jambi di Padang yang dapat dikunjungi ? Apakah produk hasil cacahan dapat dibeli semua oleh bapak ? Berapa harga mesin saat sekarang ?
    Wass Wr Wb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.