Merayakan Hidup dan Semangat Para Ibu di MomFest 2022 #CelebratingMOM5

0
173

Marketing.co.id – Berita Marketing | Komunitas MoM Academy kembali menyelengarakan MomFest di Samisara Ballroom, Jakarta, 18 Mei 2022. Mengusung tema #CelebratingMoM5, MomFest dihadiri lebih dari 300 peserta secara offline dan online serta dimeriahkan public figure dan para ahli di bidangnya, antara lain Dessy Ilsanty (psikolog), Adrian Maulana (public figure), Rista Zwastika (financial Planner) dan masih banyak lagi.

Kondisi ekonomi ibu dan keluarga meningkat 50% di 2022

Dalam kesempatan tersebut, CEO Mothers on Mission dan MoM Academy, Widya Safitri menyampaikan bahwa bukan kebetulan #CelebratingMoM5 menjadi tema MomFest kali ini. #CelebratingMoM5 adalah perayaan ulang tahun Mothers on Mission yang ke 5 sekaligus perayaan bagi para moms di seluruh Indonesia yang telah berhasil melewati kerasnya masa pandemi dan justru makin berkembang bersama terutama dengan tergabungnya mereka dalam komunitas.

Widya juga memaparkan hasil survei yang menghangatkan hati di mana hasil survei Mei 2022, yang diadakan MoM Academy terhadap 681 moms di Indonesia, terlihat sekali peran besar Mom pada ketahanan keluarga sehingga banyak keluarga di Indonesia bisa melewati masa pandemi dengan baik.

Menurut survei tahun 2021, presentase Mom yang harus bekerja atau berbisnis untuk mendukung keuangan keluarga terbilang cukup tinggi hingga mencapai 30% karena berbagai alasan salah satunya adalah suami yang kehilangan pekerjaan atau mata pencariannya.

Tahun ini hasil survei menunjukan hanya 8.7% istri yang masih berperan menjadi kepala rumah tangga, dan 89.7% persen pencari nafkah utama adalah suami. Kendati demikian, Mom masih tetap melanjutkan usaha yang sudah dirintis sebelumnya karena beragam alasan, dari mulai hobi dan eksistensi diri sampai mendukung keuangan keluarga.

Lebih lanjut Widya menambahkan bahwa tahun ini adalah tahun yang penuh optimisme terutama bagi para moms di seluruh Indonesia. Hasil survei MoM Academy mempertegas hal tersebut, di mana lebih dari 50% responden mengakui bahwa situasi ekonomi mereka perlahan mulai membaik dan bahkan sejak pandemi mereka berhasil membangun kebiasaan positif baru yaitu berani berbisnis dan mempelajari keterampilan yang terkait dengan dunia bisnis dan digital.

Di tahun ini pula Moms sudah mulai memiliki dana cadangan dan berani berinvestasi. Pun dalam hal pembelanjaan anggaran keluarga, Moms sudah mulai menyelipkan perawatan tubuh dan kecantikan diri.

Kebebasan finansial dan kebutuhan istri untuk mendapatkan support dari suami 

Dalam talkshow di Momfest 2022, perencana keuangan dari Finansialku Rista Zwestika mengajak Moms untuk menjadi seseorang yang independent, terutama dalam hal keuangan. Data yang disampaikan Rista pun kurang lebih sama dengan hasil survei MoM Academy di mana tahun 2021 kontribusi perempuan pada keuangan keluarga bahkan mencapai 50%!

Rista menambahkan, dengan adanya fenomena ini angka kekerasan pada keluarga pun meningkat. Ini bisa disebabkan karena kurangnya komunikasi dan pengertian dari kedua belah pihak. Karena, pengaturan keuangan suami dan istri itu pun harus dibicarakan dan disepakati. Terutama bagi mereka yang menggabungkan pemasukan ataupun pengeluarannya.

Dessy Ilsanti dan Adrian Maulana, pasangan suami istri yang diundang di Momfest 2022 berbagi soal pengalaman mereka dalam menjaga keutuhan dan kebahagiaan keluarga selama 21 tahun. Bagaimana menjaga komunikasi serta pengertian dan dukungan satu sama lain.

Menurut Dessy dan Adrian, dalam sebuah pernikahan perlu ada visi dan misi yang sama sehingga tercipta komitmen dan inilah yang akan menjadi penjaga keutuhan keluarga. Menurut Adrian, suami harus memahami kebutuhan istri, apalagi untuk istri yang menjadi full time mom dimana kesehariannya sibuk mengurus keluarga. Suami harus mampu menjaga mental dan kebahagiaan istrinya.

Dengan adanya selebrasi MomFest #CelebratingMoM5 ini diharapkan para perempuan Indonesia terutama moms menjadi makin percaya diri dan bersemangat dalam mengembangkan diri serta keluarganya karena mereka tahu ada begitu banyak ibu lain yang punya semangat yang sama serta komunitas dan brand yang turut mendukung upaya mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.