Merek Jason Kuat di Indonesia Timur

Ki-Ka: Subianto Gunawan & Renjani Tanujaya

Marketing.co.id-Perkembangan bisnis hand tools dan hardware di Indonesia selama ini cukup baik. Sebagai negara sedang berkembang, Indonesia banyak sekali melakukan pembangunan gedung, properti, dan membuka lahan perkebunan. Di beberapa sektor tersebut membutuhkan bantuan perangkat (hardware) keras dan perangkat bantuan tangan (handtools) yang semakin meningkat kebutuhannya.

Kebutuhan pasar perlengkapan hand tools dan hardware luas ruang lingkupnya. Tidak selalu menyangkut kebutuhan perbengkelan, perindustrian saja melainkan juga kebutuhan alat-alat rumah tangga seperti, gunting tanaman, obeng, alat pembersih kaca, kunci pintu, dan lainnya.

Salah satu pemain yang berhasil sukses di bidang ini adalah merek Jason Tools & Hardware Series yang memiliki beragam produk untuk hand tools dan hardware. Setidaknya ada 8 kategori produk berdasarkan kebutuhan yang dimasuki oleh Jason. Di antaranya, untuk otomotif, listrik, pertamanan, building equipment, safety tool, welding equipment, dan lainnya. Total ada sekitar 2000 item produk yang ditawarkan.

Merek ini hadir pertama kali di negeri ini pada tahun 2004. Selama tujuh tahun, Jason sudah menjadi salah satu merek yang diperhitungkan di industri ini.  Bahkan, secara penjualan sudah mampu berada di tiga besar di antara pemain-pemain lainnya.

“Perkembangan bisnis hand tools dan hardware dari waktu ke waktu di Indonesia sangat bagus. Buktinya, pemain-pemainnya tetap eksis dan variasi produk kian bertambah,” kata Renjani Tanujaya, Direktur dan pemilik PT Mitra Usaha Pandu Artha yang mengembangkan produk Jason Tools & Hardware Series di pameran ‘Manufacturing Indonesia 2011 dan ‘Machine Tool Indonesia 2011 di Jakarta.

Ia menambahkan, industri ini akan terus berkembang pesat di Indonesia. Terbukti, pertumbuhan penjualan Jason sendiri rata-rata naik 15% setiap tahunnya. Diperkirakan akan terus meningkat seiiring naiknya kebutuhan yang ditunjang oleh pertumbuhan ekonomi di negara ini yang semakin bagus.

Jason menyasar segmen ekonomi menengah. Di segmen ini, merek dengan tagline “Your Smart Choice in Jason” ini termasuk pemimpin pasar. Hal ini tidak lepas dari strategi distribusinya yang memfokuskan di wilayah Indonesia Timur. “Sekarang ini, penjualan di wilayah Indonesia Timur mencapai lebih dari 60%.  Sisanya, di Jakarta dan kota-kota di Pulau Jawa lainnya,” tambah Subianto Gunawan, Sales Manager Jason Tools & Hardware Series.

Sedangkan jalur distribusi yang digunakan utamanya masih melalui pasar traditional, sekitar 80%. Sisanya lewat modern market, seperti supermarket, Giant, Depo Bangunan, showroom Glodok hardware dan lainnya

Dalam hal kualitas, Renjani menandaskan bahwa Jason bisa diandalkan. Terlebih, produk-produk Jason didatangkan dari Taiwan, Thailand, Jerman, dan lainnya.  “Sekarang ini, belum ada produk yang kami buat sendiri. Semua kami impor dan produk-produk kami berkelas international, sehingga kualitasnya sudah terjamin,” jelasnya.

Di masa mendatang, Jason akan mendatangkan berbagai produk yang belum terlalu populer di sini, tapi akan banyak digunakan orang nantinya. Selain, Jason, perusahaan ini juga memasarkan sister brand, yakni Iwara yang khusus untuk produk welding equipment dan safety. (Adiwaluyo)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.