Meriahnya Call Center Service Excellence Award 2012

Marketing.co.id– Sudah ke-8 kalinya  Call Center Service Excellence  Award (CCSEA) digelar.  CCSEA adalah salah satu ajang yang dijadikan barometer oleh perusahaan-perusahaan  untuk melihat sejauh mana call center mereka melayani customer.

Untuk tahun 2012 perhelatan  CCSEA ada peningkatan dari jumlah merek call center yang dipantau.  Tahun  sebelumnya merek call center yang dipantau ada 133 merek dan tahun ini ada 143 merek.  Kenaikan merek call center ini diantaranya diikuti oleh merek call center dari Singapura dan Malaysia.

Dalam ajang CCSEA ini ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap merek call center. Pertama merek call center tersebut harus memilki nilai indeks Call Center Service Excellence Index (CCSEI) di atas 70,500. Dan kedua merek call center tersebut harus memiliki nilai CCSEI di atas rata-rata industrinya. Disamping itu kategori award dalam CCSEA ada tiga jenis yakni, yakni Exceptional, Excellence dan Good.

Metodologi pengukuruan dalam CCSEI 2012 dihasilkan dari pemantauan kinerja sepanjang semester 2 tahun 2011. Adapun pengukurannya berdasarkan actual experience dengan menggunakan mystery caller. Untuk mystery calling dilakukan pada pagi, siang dan sore di hari kerja. Setiap call center secara total dihubungi sebanyak 36 kali. Sehingga total riset ini mempunyai jumlah data sebanyak 5.148 data.

Selain itu, ada 19 katagori industri  yang akan diperebutkan dalam CCSEA 2012 diantaranya Airlines, Aotomotive 4W, Banking Priority, Banking Regular, Financing, Mobile Phone, dan Telecommunications.

Menurut Rahmat Susanta, Managing Director Majalah Service Excellent mengungkapkan, CCSEA  adalah penghargaan yang ditunggu-tungggu  oleh perusahaan-perusahaan  di Indonesia karena ajang ini sebagai tolls bagi perusahaan yang semakin lama semakin berkembang. Dan setiap tahun pertumbuhan call center ini hampir 30%.  “Saya rasa setiap perusahaan semakin berupaya untuk meningkatkan kualitas call center nya. Dan costumer juga semakin mobile dan membutuhkan yang namanya call center“.

Rahmat Susanta menambahkan penghargaan ini termasuk penghargaan yang bergensi  buat perusahaan. Kita melihat antusias para perusahaan  dengan datangnya para CEO dan BOD untuk menghadiri award ini.

“Kami berharapi dengan penghargaan ini menjadi best marking perusahaan di Indonesia supaya mereka bisa meningkatkan  pelayanan agar lebih baik pada customer. Sehingga perusahaan di Indonesia sendiri bisa bersaing dengan perusahaan  asing,“ ungkapnya. (HN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.