Metodologi Digital Marketing Award-2012

www.marketing.co.id – Digital Marketing Award 2012 kembali digelar dan kini sudah memasuki tahun ketiga. Digital Marketing Award adalah sebuah penghargaan bagi perusahaan-perusahaan atau merek-merek yang sukses memasarkan produk-produknya di dunia digital.

Perlu dicermati bahwa dunia digital semakin dekat dengan kehidupan manusia yang membuat perusahaan harus semakin aktif berperan dalam dunia gital. Itulah sebabnya Digital Marketing Award (DM Award) menjadi sebuah “recognition for future business” yang menunjukan keunggulan merek untuk bersaing di masa depan.

DM Award merupakan penghargaan yang dikeluarkan oleh Majalah MARKETING  dan lembaga survei independen SurveyOne. DM Award dihasilkan melalui penilaian dari para heavy user di dunia digital dan konsumen produk-produk digital. Oleh karenanya pemenang DM Award adalah murni dihasilkan dari hasil riset dan opini konsumen.

Di samping itu, DM Award ditujukan sebagai bentuk penghargaan terhadap future leader company yang siap menghadapi era digital dan memenuhi kebutuhan konsumen di masa depan. Event ini juga bisa menjadi ajang benchmarking untuk melihat kinerja perusahaan dibanding pesaing dalam menjalankan digital marketing.

Untuk kategori Digital Product penghargaan diberikan kepada merek-merek produk digital terbaik yang berhasil memenuhi kepuasan konsumen dalam lima aspek:

  • Reliability
  • Durability
  • Feature
  • Design
  • Easy to get

Kelima aspek ini ditanyakan kepada 1.000 responden di  4 kota besar seperti:

  • Jakarta
  • Bandung
  • Surabaya
  • Medan

Mereka adalah user dari produk-produk digital. Metodologi sampling yang digunakan adalah multistage random sampling.

Penilaian dilakukan terhadap kelima dimensi tersebut dengan melihat persentase frekuensi dari tiap-tiap dimensi, yang kemudian dirata-rata untuk mendapatkan indeks. Untuk mendapatkan DM Award produk tersebut haruslah memenuhi kriteria tertentu dalam suatu kategori yakni:

  • Mendapatkan indeks minimal 10%
  • Menempati posisi top 2 dalam kategori produknya

Untuk kategori Website dan E-Commerce, ada dua bentuk penghargaan yang diberikan, yakni penghargaan  “Top Website dan E-Commerce Performance”. Ini adalah penghargaan untuk perusahaan-perusahaan yang berhasil meletakan fondasi digital (digital paltforn) dalam bentuk website. Untuk website terdiri atas perusahaan B to C dan perusahaan B to B.

Dalam penghargaan ini, komite telah memilih 100 orang pengamat (observer) yang terdiri dari orang-orang terpilih yang merupakan heavy user  dalam dunia internet, dan memilih kapabilitas dalam menilai kinerja website dan mereka adalah:

  • Profesional (40%)
  • Mahasiswa (30%)
  • Jurnalis (30%)

Selain itu, mereka diminta untuk masuk kelima nominasi website dari tiap-tiap kategori dan melakukan penilaian atas enam aspek yakni:

  • Content
  • Context
  • Connection
  • Customization
  • Community
  • Commerce

Penilaian dilakukan terhadap keenam aspek tersebut dengan menggunakan skala tersebut dengan menggunakan skala likert (1=sangat tidak setuju sampai 5=sangat setuju). Website yang mendapatkan skor rata-rata pada posisi top 2 dalam kategorinya.

Sekedar informasi bahwa penganugrahan DM Award tahun 2012 akan dilaksanakan di Hotel Mulia Senayan, pada 6 Desember 2012.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.