Mindtera Raih Pendanaan US$ 850.000 yang Dipimpin oleh East Ventures

0
13
Co-Founder of Mindtera (Bayu Bhaskoro & Tita Ardiati) 2023
Co-Founder of Mindtera: Bayu Bhaskoro & Tita Ardiati.

Marketing.co.id – Berita Digital & Tech | Mindtera mengumumkan penutupan putaran pendanaan gabungan seed & seed extension sebesar US$ 850.000. Penutupan ini dipimpin oleh East Ventures, yang ditunjang oleh partisipasi dari Seedstars International Ventures dan sejumlah angel investors terkemuka lainnya. Dengan dukungan finansial ini, Mindtera berkomitmen untuk meningkatkan layanan yang ditawarkan dan mengembangkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam membantu klien dalam mengatasi masalah kesehatan mental di Indonesia.

Co-Founder of Mindtera (Bayu Bhaskoro & Tita Ardiati) 2023
Co-Founder of Mindtera: Bayu Bhaskoro & Tita Ardiati.

Penutupan putaran pendanaan seed & seed extension ini merupakan tanda penting dari kepercayaan yang diberikan oleh para investor terhadap visi dan misi Mindtera dalam meningkatkan kesehatan mental di Indonesia.

Mindtera dikenal sebagai Platform Employee Assistance Program (EAP) yang menggunakan insight berbasis data teknologi dan human science untuk membangun tempat kerja yang produktif dan menciptakan perusahaan sebagai tempat kerja yang bahagia.

Didirikan di tahun 2021 oleh Tita Ardiati (Co-Founder dan CEO) dan Bayu Puspito Bhaskoro (Co-Founder dan CMO), Mindtera merupakan platform yang berbasis data (data-driven) sebagai insight untuk membangun tempat kerja yang lebih produktif dan bahagia. Mindtera mengelola perkembangan karyawan, bagaimana membuat karyawan terus terhubung secara well-being – yang dimulai sejak karyawan bergabung ke dalam perusahaan hingga tiba masanya untuk pensiun.

Saat masa Great Resignation pada tahun 2021, studi dari perusahaan global McKinsey menunjukkan kesejahteraan mental karyawan memegang peranan penting dalam mempengaruhi bisnis secara keseluruhan. World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa selain berdampak pada hubungan asmara dan sosial di masyarakat, masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan (anxiety) turut merugikan ekonomi global sebesar US$ 1 triliun per tahun, terutama dari penurunan produktivitas.

Mindtera telah mengembangkan dua jenis platform yaitu Mindtera Pro dan Mindtera Plus sebagai solusi masalah tersebut. Mindtera Pro merupakan aplikasi dan dashboard analitik (Analytic Dashboard & App) yang menghadirkan platform terintegrasi dengan assessment tools yang dirancang untuk mengumpulkan dan menganalisa feedback para karyawan guna meningkatkan pengalaman selama di perusahaan. Di sisi lain, Mindtera Plus merupakan Coaching & Development Center yang berguna bagi perusahaan sebagai wadah akan layanan konseling, coaching, dan perkembangan dari para ahli untuk mengatasi berbagai permasalahan karyawan yang ada, baik dari kultur maupun manajemen perusahaan.

Tita Ardiati, Co-Founder dan CEO Mindtera mengatakan, “Berinvestasi dalam sumber daya manusia itu rumit. Manfaatnya memang tidak langsung terlihat, namun perusahaan akan melihat dampak yang berkelanjutan jika Anda membangun lingkungan kerja yang seimbang dan sehat. Sumber daya manusia merupakan aset berharga bagi pertumbuhan perusahaan. Orang-orang yang bahagia menginspirasi pertumbuhan, jadi jagalah orang-orang Anda, dan Anda akan melihat produktivitasnya.”

Dalam perjalanannya merevolusi kesejahteraan karyawan di Indonesia, Mindtera telah memberikan dampak nyata ke lebih dari 10.000 karyawan dengan peningkatan kesadaran akan well-being sebesar 94%. Menyediakan optimalisasi HR sebagai kunci keberhasilan industri, Mindtera kini memegang peranan penting untuk mengoptimalkan kultur kerja di Indonesia.

Tim Mindtera juga telah berhasil meraih beberapa pencapaian gemilang. Baru-baru ini, Mindtera dinobatkan oleh Google Play sebagai Aplikasi Terbaik untuk Dampak Positif 2022 dan Aplikasi Lokal Terbaik 2022. Kesuksesan ini menjadi momentum pencapaian penting bagi Mindtera setelah sebelumnya terpilih untuk mewakili Indonesia di Google Startups Southeast Asia 2023, perwakilan dari perusahaan portofolio East Ventures pada Tech In Asia Conference 2022 di Singapura, dan Digital HUB.ID Summit 2021 yang merupakan bagian dari gelaran G20 Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Mindtera akan mengalokasikan pendanaan terbaru ini untuk memperluas cakupan bisnis B2B, melayani lebih banyak klien, serta melakukan pengembangan produk untuk menjadi platform Employee Assistance Program (EAP) nomor 1 di Indonesia.

“Kami percaya masa depan dari pekerjaan adalah kesejahteraan karyawan. Memelihara kesehatan mental dan kesejahteraan karyawan sangat penting untuk mengembangkan bisnis dan tempat kerja yang tangguh. Kami percaya Mindtera hadir sebagai platform yang tepat untuk menciptakan kesejahteraan karyawan yang holistik dan memberikan solusi berbasis data dan terarah untuk mengatasi keadaan dan kebutuhan perusahaan yang berbeda. Kami bersemangat untuk terus melihat pertumbuhan dan pemberdayaan yang diciptakan oleh Mindtera di bidang ini,” kata Melisa Irene, Partner East Ventures.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.