Mowilex Raih Penghargaan dari Frost & Sullivan

0
678
Mowilex

Marketing.co.id – Berita Properti I Berdasarkan analisis terbarunya terhadap industri cat dan pelapis di Indonesia, Frost & Sullivan memberikan penghargaan Indonesian Paints and Coatings Enabling Technology Leadership Award 2021 kepada PT Mowilex Indonesia (Mowilex) atas usahanya untuk memproduksi cat dengan kandungan senyawa organik volatil (VOC) dengan level rendah/nol, cat berbasis air, serta cat pelapis bebas timah.
Mowilex
Mahendra Chahar, Konsultan Senior Bidang Praktik Bahan Kimia dan Nutrisi Frost & Sullivan mengatakan, “Upaya penelitian dan pengembangan Mowilex untuk terus memperkenalkan inovasi baru ke pasar cat dan pelapis Indonesia dan melakukan pengembangan produk berkinerja tinggi, rendah toksisitas serta ramah lingkungan merupakan terobosan perusahaan dengan komitmen yang tinggi untuk menciptakan hunian dan lingkungan yang sehat.”
Mowilex berhasil mengadaptasi formulasi dengan menggunakan bahan baku alternatif yang dibeli secara lokal tanpa mengorbankan kualitas. Mowilex mengembangkan pewarna pengganti untuk pigmen merah yang selama ini diimport untuk digunakan dalam produk pewarna kayu yang populer. Menggunakan bahan alternatif tersebut selain mengamankan ketersediaan produk, memberikan harga yang bersaing, mudah melacak bahan baku dan mengontrol kualitas yang memberikan kemudahan Mowilex saat terjadi hambatan impor akibat gangguan distribusi terkait pandemi dan kekurangan bahan baku.
Selain itu, Mowilex membeli karbon offset dan mengadopsi langkah-langkah pengurangan emisi. Hal ini menjadikan Mowilex sebagai produsen karbon-netral bersertifikat pertama di Indonesia. Perusahaan menghentikan produksi Mowilex Cat Kayu dan Besi yang menggunakan bahan timbal pada tahun 2019, dan meluncurkan formulasi bebas timbal (dengan elemen berbasis pelarut minyak yang lebih aman di bawah 90 ppm) dari cat kayu dan besi-nya yang populer. Mowilex kemudian menukarkan stok berbasis timbal dari rak-rak toko di seluruh Indonesia dan memberikan penggantian gratis untuk semua cat yang diverifikasi.
Mowilex juga memastikan bahwa produk yang diluncurkan harus selaras dengan kebutuhan pasar domestik yang terus berkembang untuk memberikan pengalaman pelanggan. Salah satunya adalah meluncurkan serangkaian cat antimikroba (Mowilex Emulsion Satin, Emulsion Gloss, dan Cendana Antibacterial) sebagai tanggapan atas lonjakan permintaan pelanggan terkait produk yang mampu melawan kuman dan virus terkait Covid-19. Dengan menggunakan teknologi Silver Ion AG+ yang diformulasikan secara khusus (terbukti 99% efektif melawan bakteri dan virus) memberikan perlindungan superior terhadap penyebaran penyakit menular di dalam ruangan.
Produk tersebut sejalan dengan tujuan Mowilex untuk menciptakan rumah yang lebih sehat bagi pelanggan. Mowilex sangat ketat dalam urusan standarisasi produk dan melengkapi produk dengan sertifikasi berdasarkan standar industri tertinggi, hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen untuk pelanggan dengan mengutamakan kesehatan, keberlanjutan dan keselamatan lingkungan.
Termasuk sertifikasi dari memberikan inisiatif pelabelan VOC secara sukarela dengan mengambil standar kualitas udara California; Green Label Singapore; Technischer Berwachungsverein Nord; dan Sertifikasi A+ emisi VOC dari Perancis. Serta beberapa sertifikasi yang sedang dalam proses rampung yakni Green Seal (US) dan Asthma & Allergy Friendly Certificate.
Praktik manufaktur yang baik, sumber bahan baku berkualitas tinggi, dan mekanisme kontrol kualitas yang kuat, mencerminkan komitmen perusahaan terhadap kualitas. Karena dampak jangka panjang dari inisiatif keberlanjutan perusahaan dan kinerja keseluruhan yang kuat, PT Mowilex Indonesia meraih penghargaan Indonesia Enabling Technology Leadership Award 2021 dari Frost & Sullivan pada kategori industri cat dan pelapis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.