Multi Bintang Maksimalkan Ekonomi Sirkular Demi Lingkungan yang Nyaman

0
23
Masyarakat dapat melakukan pengembalian sampah kemasan produk Multi Bintang Indonesia di seluruh drop point milik Rekosistem seperti terlihat dalam gambar. Nantinya dari sampah yang disetorkan akan mendapat 500 poin per botol atau kemasan. Foto: marketing.co.id/lialily.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Ekonomi sirkular untuk mewujudkan zero impact sebagai cara mengurangi limbah dan emisi semakin digaungkan. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan siklus produk dan memberikan kehidupan kedua bagi produk sampingan sisa proses produksi.

Masyarakat dapat melakukan pengembalian sampah kemasan produk Multi Bintang Indonesia di seluruh drop point milik Rekosistem seperti terlihat dalam gambar. Nantinya dari sampah yang disetorkan akan mendapat 500 poin per botol atau kemasan. Foto: marketing.co.id/lialily.

Multi Bintang Indonesia bekerja sama dengan Rekosistem mengolah sampah untuk memaksimalkan sirkularitas demi menciptakan lingkungan dan bisnis yang berkelanjutan. Hingga saat ini sekitar 98% sampah padat dalam proses produksi Multi Bintang Indonesia sudah berhasil didaur ulang menjadi berbagai macam barang yang dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga sehari-hari.

Perusahaan juga telah merealisasikan berbagai inisiatif keberlanjutan terkait pengelolaan dan pengolahan limbah, di antaranya pemasangan waste trap keempat di Kota Tangerang melalui kerja sama dengan Yayasan Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) dan Aliansi Air DAS Cisadane (AADC), serta melaksanakan program bank sampah bersama We-Hasta di 293 lokasi yang tersebar di Mojokerto dan Tangerang dengan lebih dari 7.000 anggota komunitas dan 28.000 penerima manfaat.

Ika Noviera (Corporate Affairs Director Multi Bintang Indonesia) dan Ernest Layman (CEO dan Co-Founder Rekosistem). Kolaborasi antara Multi Bintang Indonesia dan Rekosistem diharapkan akan memberi kemudahan akses untuk masyarakat dalam mengelola sampah yang baik. Foto: marketing.co.id/lialily.

Ika Noviera, Corporate Affairs Director Multi Bintang Indonesia menjelaskan, “Menjalankan sesuatu yang dianggap tidak populer, memang tidak mudah tapi justru diperlukan. Banyak yang belum menyadari bahwa sampah memiliki nilai yang berharga. Untuk menciptakan inisiatif berkelanjutan yang akan berdampak besar, kami perlu menggandeng mitra yang memiliki visi dan tujuan yang sejalan.”

Perusahaan melakukan gerakan “BINTANG Bersama Bijak” yang tengah dijalankan, sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk mempromosikan konsumsi yang bertanggung jawab, baik pada saat mengonsumsi produknya maupun saat mengelola sampah kemasannya.

Multi Bintang Indonesia telah menerapkan sistem pengembalian kemasan botol, kerat dan keg melalui mitra-mitra bisnisnya. Sebanyak hampir 80% kemasan telah berhasil dikembalikan dan digunakan kembali pada akhir 2021. Untuk memperbesar skala dari upaya pengembalian kemasan minuman produknya, perusahaan kini menyediakan jalur pengembalian langsung bagi masyarakat umum melalui kerja sama dengan Rekosistem.

Ernest Layman, CEO dan Co-Founder Rekosistem mengungkapkan, “Kami hadir untuk menerapkan ekosistem berkelanjutan melalui jasa pengelolaan sampah karena kami melihat persoalan sampah kemasan masih menjadi masalah pelik di Indonesia dan setiap hari terus bertambah. Pendekatan yang lebih proaktif ke masyarakat terus kami lakukan seperti halnya bersama Multi Bintang Indonesia saat ini.”

Kolaborasi Multi Bintang Indonesia dan Rekosistem menawarkan reward point bagi masyarakat yang menyetorkan sampah botol bir BINTANG atau Heineken® melalui drop point Rekosistem yang tersedia, yakni senilai 500 per botolnya. Masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi Rekosistem di ponsel lalu mengikuti instruksi-instruksinya serta mencantumkan kode promo “BijakBintang.

Saat ini, Multi Bintang Indonesia dan Rekosistem ini pun tengah merancang perluasan sistem layanan pengembalian kemasan agar dapat menjangkau lebih banyak masyarakat melalui jalur ritel. Inisiatif ini diharapkan dapat mendorong kebiasaan pengelolaan sampah kemasan yang baik dan juga tren pola hidup ramah lingkungan di berbagai lapisan masyarakat.

Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.