Muluskan Jalan ke Cloud, Ini yang Dilakukan Microsoft

0
858
Muluskan Jalan ke Cloud, Ini yang Dilakukan Microsoft
Photo by: Trusted Business Solutions
Muluskan Jalan ke Cloud, Ini yang Dilakukan Microsoft
Photo by: Trusted Business Solutions

Kabar mengenai para pengguna Windows Server 2003 yang diminta pindah oleh Microsoft memang telah santer terdengar. Hanya saja, waktunya hanya tinggal sembilan bulan (270 hari) lagi, dan itu dirasa kurang cukup, karena standarnya, mereka membutuhkan waktu sepuluh bulan (300 hari).

Bahkan Aries Triwahyudi, Cloud & Enterprise Business Group lead, Microsoft Indonesia juga mengakui hal tersebut. Ia mengatakan, “Umumnya, proses migrasi berlangsung selama 200 hari, sedangkan migrasi aplikasi memakan lebih dari 300 hari.”

“Namun Microsoft menyediakan panduan migrasi yang mudah dan jelas ke platform berbasis cloud Microsoft, baik solusi cloud privat on-premise, publik maupun Hybrid,” tambahnya.

Selanjutnya ia juga menejelaskan bahwa organisasi dapat melakukan upgrade ke Windows Server 2012 R2 dan System Center 2012 R2, yang merupakan generasi teknologi terbaru Microsoft yang mencakup komputasi, storage, pengelolaan, virtualisasi jaringan, perlindungan akses dan informasi, hingga platform web serta aplikasi.

Selain itu, pelanggan juga dapat mengakses kemampuan skalabilitas dan fleksibilitas layanan Microsoft Azure dan Office 365 yang akan memastikan bahwa organisasi bisnis mampu mengoptimalkan biaya dan kemampuan adaptasi dari layanan TI mereka.

Ada tiga hal yang dilakukan pihak Microsoft untuk memuluskan jalan para penggunanya ke Cloud:

  1. Memberikan training dan tool bagi para partner di kawasan Asia Pasifik untuk mengembangkan kapasitas dan kapabilitas mengelola proyek-proyek yang kompleks, terutama yang melibatkan migrasi server dan aplikasi.Misalnya mengembangkan portfolio lengkap berisi solusi produk-produk TI, layanan terdepan di industri, serta dukungan pelatihan dan keuangan terbaik bagi pelanggan yang melakukan transformasi dan ekspansi lingkungan bisnis.
  2. Memperkenalkan situs hitung mundur Windows Server 2003 end of support yang berisi panduan untuk seluruh proses migrasi beserta informasi tentang layanan dan tool yang tersedia. Semua layanan mulai dari asesmen dan training, hingga layanan migrasi platform yang komprehensif dan manajemen risiko, akan membantu pelanggan mempersiapkan diri menghadapi era mobile-first, cloud-first.
  3. Migration Planning Assistant juga tersedia untuk membantu organisasi menganalisa beban kerja Windows Server 2003 mereka dan mendapatkan laporan ringkas berisi rekomendasi dan penawaran khusus dari para partner Microsoft.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.