Naikkan Omzet Penjualan dengan Komunitas

0
1788

“Banyak jalan menuju Roma”. Pepatah ini juga berlaku untuk meningkatkan omzet penjualan. Saat ini bukanlah era one to one atau one to many selling.

Pada saat dunia semakin horizontal di mana antara pelanggan dapat berkomunikasi, kita juga harus selalu hadir di tengah-tengah mereka.

Inilah era many-to-many di mana para pelanggan dapat membantu kita untuk meningkatkan omzet penjualan. Syaratnya kita harus bisa melayani dan selalu dekat dengan mereka.

Untuk itu, hendaknya kita mulai bergabung dengan komunitas untuk membina hubungan. Selain itu, kita juga dapat bekerja sama dengan pihak lain untuk menambah referensi atau menghadiri acara-acara tertentu yang masih berhubungan dengan dunia bisnis.

Membangun jaringan mutlak harus kita lakukan mengingat para pelanggan sudah saling terhubung dengan kemajuan teknologi internet. Untuk itu kita hendaknya lebih dekat dengan mereka bila ingin menambah jumlah pelanggan.

Tips membangun jaringan

Bergabung dengan komunitas lain

Sekarang ini di kota-kota besar banyak berkembang komunitas yang beranggotakan berbagai kalangan, baik komunitas online maupun offline. Oleh Karen itu kita tidak boleh terlalu gagap teknologi alias gaptek.

Saat ini adalah era informasi, di mana siapa yang cepat mendapatkan informasi maka dialah yang akan menjadi pemenang.

Mengaktifkan komunitas pelanggan

Pelanggan yang sudah bergabung ke dalam komunitas harus didorong untuk lebih aktif lagi dalam memasarkan produk kita. Caranya bisa dengan memberikan insentif kepada anggota komunitas yang bersedia membantu memasarkan produk. Insentif dapat berupa poin reward yang dikumpulkan sampai jumlah tertentu dan nantinya dapat ditukarkan dengan hadiah.

Untuk mengaktifkan komunitas , kita harus mencari informal leader di dalam komunitas tersebut, kemudian kita bina agar dapat memengaruhi anggota komunitas yang lain.

Membangun hubungan dengan pelanggan lama

Pelanggan lama kita juga dapat membantu mengembangkan jaringan bisnis yang kita miliki. Tentu saja, mereka mau membantu kita jika merasa puas dengan layanan yang kita lakukan.

Oleh karena itu, layanan prima, baik sebelum dan sesudah transaksi harus selalu diperhatikan, jangan sampai terjadi kesan pertama begitu menggoda, setelah terjadi transaksi, pelanggan kecewa.

Bekerja dengan pelanggan lama akan membuat perusahaan lebih efisien karena menurut survei untuk mendapatkan pelanggan baru memerlukan biaya enam kali lebih mahal di badingkan dengan mempetahankan pelanggan lama.

Menghadiri acara di luar jam kerja

Segeralah mengatur waktu anda untuk menghadiri acara-acara di luar jam kerja untuk melakukan sosialisasi diri sambil mengembangkan hubungan dengan orang lain.

Bekerja sama dengan pihak lain

Ada saatnya di mana kita tidak harus bekerja sendiri. Berkerja sama dengan pihak lain asal saling menguntungkan dapat kita lakukan. Para penyedia layanan GSM maupun CDMA bekerja sama dengan produsen handphone untuk memasarkan produk dan jasa mereka.

 Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.