Novo Nordisk Kembangkan Chatbot Virtual “TanyaGendis”

0
798
TanyaGendis

Marketing.co.idBerita Digital I Novo Nordisk Indonesia bersama dengan Kementerian Kesehatan RI, PERKENI, dan Kedutaan Besar Denmark untuk Indonesia meluncurkan “TanyaGendisdan iklan layanan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap diabetes. Melalui chatbot WhatsApp ini, tersedia berbagai informasi mengenai diabetes dan membantu masyarakat memahami risiko diabetes masing-masing.

TanyaGendis

Ketua Pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PB PERKENI), Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD mengatakan, jumlah penderita diabetes di Indonesia terus meningkat dari 10,7 juta pada tahun 2019 menjadi 19,5 juta pada tahun 2021. Tahun ini, Indonesia menduduki peringkat kelima dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia, naik dari peringkat ketujuh di tahun 2019. Jumlah orang dengan diabetes di Indonesia mencapai 19,5 juta. Namun, hanya 2 juta yang telah terdiagnosis dan mendapatkan pengobatan.

“Pencegahan diabetes dan komplikasinya, serta diagnosis dan pemantauan kadar glukosa darah secara mandiri merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem kesehatan. Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap diabetes masih menjadi tantangan utama yang menyebabkan semakin tingginya jumlah orang diabetes yang tidak terdiagnosis dan dapat mengakibatkan kadar glukosa darah tidak terkontrol dan akibatnya mengakibatkan berbagai komplikasi,” tambah Prof. Suastika.

Kementerian Kesehatan RI dan Novo Nordisk Indonesia telah menandatangani perjanjian kemitraan tahun ini untuk meningkatkan dan memperkuat upaya mengembangkan layanan pengobatan diabetes yang berkelanjutan di Indonesia dan memprioritaskan diagnosis sejak dini serta pengendalian optimal melalui empat bidang yang sejalan dengan Rencana Strategis Kesehatan Nasional 2021 – 2024. Salah satu kegiatan utama dalam kemitraan ini adalah awareness program (program peningkatan kesadaran masyarakat) melalui mengembangkan TanyaGendis. Gendis adalah singkatan dari ‘ceGah & kENDali DIabeteS’.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin juga meluncurkan iklan layanan masyarakat dalam acara Health Business Gathering 2021 di Bali. Untuk mengakses TanyaGendis, masyarakat dapat menghubungi nomor 0812 8000 5858 melalui WhatsApp. Selain itu, sejumlah iklan layanan masyarakat akan dipasang di berbagai platform digital dan tempat umum. Iklan ini mengajak masyarakat untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat guna mencegah diabetes sebelum terlambat.

Duta Besar Denmark untuk Indonesia, H.E. Lars Bo Larsen mengatakan, “Kami meyakini bahwa chatbot dan iklan tersebut akan terus memotivasi masyarakat untuk secara aktif mengalahkan diabetes. Ke depannya, kami akan mempercepat kerja sama di bidang kesehatan dengan Indonesia untuk meningkatkan pengelolaan kesehatan masyarakat.”

Saat menyerahkan program chatbot virtual ini kepada Kemenkes, Vice President & General Manager Novo Nordisk Indonesia, Anand Shetty mengatakan, bersama dengan Kemenkes dan PERKENI, akan meningkatkan akses edukasi mengenai diabetes kepada masyarakat di seluruh Indonesia demi meningkatkan taraf hidup masyarakat, penderita diabetes, dan meningkatkan pencegahannya.

“Kami mengembangkan TanyaGendis yang merupakan sebuah chatbot virtual yang tersedia dalam WhatsApp karena kami ingin memudahkan semua masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai diabetes. Selain itu, iklan layanan masyarakat juga akan disebarluaskan melalui berbagai media sosial dan tempat umum untuk menjangkau masyarakat, termasuk generasi muda, sehingga mereka dapat menjalani gaya hidup yang lebih baik dan mencegah diabetes sejak dini,” ujar dia.

Selain peluncuran tersebut, Novo Nordisk Indonesia, Kemenkes RI, dan Kedutaan Besar Denmark untuk Indonesia telah mengadakan beberapa kegiatan dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia dan 100 tahun penemuan insulin seperti pemeriksaan gula darah gratis dan kegiatan peningkatan kesadaran masyarakat di Stasiun Tanah Abang dan komuter; Monas Blue Light sebagai bagian dari Blue Light Monument Challenge yang diadakan secara global setiap tahun; dan pemeriksaan kesehatan bagi karyawan dan talkshow kesehatan bagi pengunjung Pasar Tanah Abang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.